Lion AirBalikpapan –

Seorang calon jemaah haji asal Sigi Sulawesi Tengah, Sudin Larau bin Malakawa (65 tahun) meninggal dunia saat berada di Embarkasi Balikpapan Kalimantan Timur. Korban meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung, Jumat (13/9) pukul 08.30 Wita.

“Almarhum mengalami serangan jantung dan sesak nafas,” kata Petugas Kesehatan Asrama Haji Batakan Kota Balikpapan Suyatno.

Suyatno menyebutkan awalnya korban mengeluhkan sesak nafas sehingga mendapatkan perawatan petugas medis selama 1,5 jam. Almarhum akhirnya meninggal dunia sebelum berangkat ke tanah suci.

“Memang almarhum sudah diketahui memiliki penyakit jantung, saat mengeluh sesak nafas dia dibawa ke klinik yang ada di Embarkasi Haji untuk mendapat pertolongan pernafasan, lalu ketika dia ke toilet itu kemudian dia terjatuh,” ujarnya.

Petugas Embarkasi Balikpapan langsung membawa jasad almarhum ke rumah sakit Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Jasad nantinya langsung dipulangkan ke daerah asal dengan mempergunakan penerbangan pesawat.

“Jenasahnya di rumah sakit, rencananya nanti malam jam 20.00 wita akan dipulangkan ke kampong halaman, menggunakan pesawat Lion Air, sakitnya serangan jantung,” kata Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim Kusasih.

Sesuai jadwal, rencananya almarhum dan istri akan berangkat ke tanah suci, Jumat (13/9) pukul 18.05 Wita hari ini. Dia tergabung dalam kelompok terbang 3 bersama para jemaah asal Sulut.

“Istrinya sudah ikhlas, dia juga tetap akan berangkat menunaikan ibadah haji, jadi istrinya tidak membatalkan, tetap pergi” imbuhnya.

Embarkasi Balikpapan sudah memberangkatkan sebanyak 718 jemah menuju tanah suci Mekah. Pemberangkatan jemaah asal Kaltim sempat mundur menyusul jadwalnya yang bertepatan dengan pemilihan gubernur 10 September lalu.