Jasa Parkir Juga Harus Berizin
11 October 2013
Dapat Rp 9 T, Kukar Minta Tambahan Anggaran
11 October 2013

Investor Malaysia Bangun Kota Baru di Balikpapan

Kota Balikpapan

Kota Balikpapan

NewsBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur menyebutkan adanya pengusaha Malaysia, Tan Sri Dato Chen Kooi Chiew yang akan berinvestasi sector property dan wisata. Pengusaha ini berniat membangun kota baru di Balikpapan yang dilengkapi seluruh sarana prasarana.

“Kami sudah bertemu dan berbincang-bincang, dia langsung ke Balikpapan karena dia sangat tertarik untuk mengembangkan sector Pariwisata di Balikpapan,” kata Wakil Wali Kota Balikpapan Heru Bambang, Jumat (11/10).

Pengusaha ini sudah memiliki track record sebagai salah satu tokoh bisnis utama di Malaysia. Dia sempat menyabet penghargaan Property Award and Best Company 2013.

Heru mengatakan kota baru ini nantinya dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas wisata seperti Pakuwon di Surabaya ataupun Bukit Damai Serpong (BDS) di Jakarta. Sarana rekreasi papan atas seperti Trans Studio juga nantinya dihadirkan untuk menarik pariwisata di Balikpapan.

Saat ini lanjutnya, sedang dalam penjajakan lokasi yang akan dikembangkan menjadi kota baru ini. Dibutuhkan investasi yang besar termasuk luasan lahan yang luas.

“Kita lihat nanti, karena masih terus dilakukan pembahasan yang intensif, tapi ini kan butuh dana yang cukup besar,” bebernya.

Diakuinya, iklim pariwisata di Kota Balikpapan selama ini belum tergarap maksimal, seperti sektor industry maupun jasa, sehingga belum mampu memberikan kontribusi yang besar dalam pendapan asli daerah (PAD).

Memang sektor pariwisata di Kota Balikpapan belum bisa mendongkrak PAD.  Bahkan tahun ini PAD sektor Pariwisata hanya ditargetkan sebesar Rp 1,7 miliar, hanya naik sebesar Rp 500 juta dari tahun 2012 sebesar Rp 1,2 miliar. Namun target tahun lalu gagal terealisasi, karena PAD yang berhasil dihimpun hanya sebesar Rp 500 juta.

Belakangan memang beberapa negara berniat berinvestasi di Kota Balikpapan mulai dari Cina, Korea, India maupun Turki. Wilayah yang strategis karena merupakan pintu gerbang Kalimantan menjadi salah satu pertimbangan.

1 Comment

  1. […] pusat perbelanjaan setempat. Pesta kembang api dominan dapat ditemui di sekitar kawasan Klandasan Balikpapan Selatan. Sejumlah pusat perbelanjaan seperti Balcony dan Balikpapan Super Block menghibur […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *