Aksi demo wargaNewsBalikpapan –

Puluhan warga mengklaim asli penduduk Kalimantan menggelar demo di DPRD Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (15/11). Mereka memprotes komentar Panglima Komando Daerah Militer VI Mularwarman, Mayor Jenderal Dicky W Usman soal penduduk asli Kalimantan.

Perwakilan massa, Bayern Gabriele dalam orasinya menyebutkan Dicky W Usman telah mencederai masyarakat Dayak soal penduduk asli di Kalimantan. Dalam media massa, katanya Dicky menyatakan masyarakat Kalimantan sudah heterogen terdiri dari berbagai suku bangsa.

“Kami ini asli Kalimantan dari dulu sampai sekarang di seluruh kota termasuk di Balikpapan juga,” katanya.

Sehubungan itu, Gabriele meminta Pangdam Mulawarman meminta maaf sehubungan pernyataanya ini di media massa. Dia juga meminta Dicky W Usman mundur dari jabatannya dan keluar dari bumi Kalimantan.

Kepala Penerangan Kodam Mulawarman, Kolonel Legowo Sujatmiko enggan berkomentar sehubungan aksi demo Gabriele cs ini. Dia dalam pesan singkatnya hanya bertanya lokasi aksi demo masyarakat ini.

“Dimana lokasinya,” paparnya. Pesan singkat  tidak mendapatkan respon.

Aksi demo ini mendapatkan pengawalan ketat personil Polres Balikpapan. Aksi ini juga membuat macet sepanjang Jalan Sudirman Balikpapan.

Sebagian warga Balikpapan juga mengeluhkan aksi demo dilaksanakan di depan Kantor DPRD Balikpapan yang merupakan jalur utama kota ini.

“Kalau protes Kodam Mulawarman, kenapa tidak di kantor mereka saja ? Bikin macet saja,” keluh Udin.

Kodam Mulawarman memang hanya berjarak 100 meter dari lokasi aksi demo dilakukan kelompok yang mengklaim warga asli Kalimantan.

Pencarian Populer:

demo di balikpapan