Kelurahan Baru Kembali Gelar Lomba Begera’an Sahur pada 30 Maret Nanti
27 March 2024
Pemkab Kukar Kucurkan Rp49 Miliar untuk Benahi Jalan dan Jembatan di Muara Muntai
28 March 2024

Wakil Bupati Kukar Menyaksikan Pesut Mahakam untuk Kali Pertama

Wakil Bupati Kukar, Remdi Solihin saat melaksanakan Safari Ramadan ke Desa Pela (Istimewa)

Wakil Bupati Kukar, Remdi Solihin saat melaksanakan Safari Ramadan ke Desa Pela (Istimewa)

NewsKukar – Momen langka dialami Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin saat melaksanakan Safari Ramadan ke Desa Wisata Pela, Kecamatan Kota Bangun. Dalam perjalanan menuju ke sana, kapal yang ditumpanginya disambut dengan kemunculan kawanan Pesut Mahakam yang sedang berenang di permukaan sungai.

Kehadiran mamalia endemik Sungai Mahakam tersebut membuat rombongan terkejut. Senyum bahagia terpancar jelas di wajah orang nomor dua di Kukar tersebut. Ternyata, ini merupakan pengalaman pertamanya melihat langsung Pesut Mahakam.

“Alhamdulillah, sangat menakjubkan. Ini pengalaman yang luar biasa bagiku, bisa melihat dan disambut oleh pesut Mahakam di Desa Pela,” ungkap Rendi Solihin.

Sesampainya di Desa Pela, seperti biasanya Rendi meluangkan waktu untuk berkeliling dan melihat sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di sana. Dia juga menegaskan bahwa pemerintah masih akan memprioritaskan konektivitas antar wilayah di seluruh kecamatan yang ada di Kukar.

Pada tahun 2023, Kecamatan Kota Bangun mendapat alokasi anggaran sebesar Rp365 miliar untuk memenuhi sejumlah kebutuhan layanan dasar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, kesehatan, dan pendidikan.

“Tahun 2024 ini masih menjadi fokus, terutama terkait konektivitas jalan dan jembatan. Ada alokasi dana sebesar Rp69 miliar yang disiapkan Pemkab Kukar. Dana tersebut tersebar di beberapa wilayah, namun saya meyakinkan bahwa semua desa akan terdampak,” ujarnya.

“Khusus untuk Desa Pela, memang banyak bantuan yang ditujukan untuk sektor pariwisata. Namun, selain desa wisata, sektor perikanan juga harus mendapat perhatian. Oleh karena itu, segera ajukan proposal kepada pemerintah, kami akan menunggunya,” tambahnya. ADV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *