PLN Nunukan Siaga saat Ramadan, Jaga Kestabilan Pasokan Listrik
11 March 2024
PLN Diskon Tambah Daya Listrik hingga 5.500 VA Cuma Rp202.403
13 March 2024

BCA Kolaborasi dengan BOSF Selamatkan Orangutan di Kalimantan Timur

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) revitalisasi empat pulau buatan di kawasan konservasi orangutan di Samboja. Foto BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) revitalisasi empat pulau buatan di kawasan konservasi orangutan di Samboja. Foto BCA

NewsBalikpapan – Pada Rabu, 28 Februari 2024, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berperan aktif dalam revitalisasi empat pulau buatan di kawasan konservasi orangutan di Samboja Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Kolaborasi ini melibatkan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim.

Dalam sebuah pernyataan resmi, upacara peresmian proyek ini dihadiri oleh beberapa tokoh terkemuka, termasuk Surya Darmawan sebagai Kepala Resort Konservasi Wilayah IKN BKSDA Kaltim, CEO BOSF Jamartin Sihite, EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, Manager Area Samboja Lestari BOSF Aldrianto Priadjati, SVP Corporate Communication BCA Susanti Nurmalawati, dan Head of Corporate Communication BOSF Paulina Laurensia Ela.

Hera, sebagai perwakilan dari BCA, menyatakan kebanggaannya atas kesempatan untuk berkontribusi dalam pembaharuan empat pulau konservasi oleh BOSF, serta upaya perlindungan terhadap populasi orangutan yang terancam.

“Keberadaan pulau buatan yang layak sangat penting dalam proses rehabilitasi dan perlindungan orangutan. Langkah ini menjadi kunci dalam menjaga kelangsungan hidup populasi orangutan,” ujarnya.

Sebelumnya, empat pulau buatan tersebut tidak dapat dimanfaatkan dalam upaya rehabilitasi orangutan karena mengalami kerusakan fisik dan pendangkalan ekstrem di sekitar kanalnya.

Melalui Program Bakti Lingkungan, BCA turut serta dalam pembaharuan keempat pulau buatan tersebut, terdiri dari dua pulau pra-pelepasliaran dan dua pulau perlindungan. Dua pulau pra-pelepasliaran yang diperbaiki oleh BCA memiliki luas masing-masing 4,8 hektar dan 3,8 hektar, dengan kapasitas untuk menampung 6-7 individu orangutan dewasa. Sementara itu, dua pulau perlindungan memiliki luas masing-masing 0,42 hektar dan 0,48 hektar, mampu menampung 3-4 individu orangutan.

Pulau pra-pelepasliaran dirancang sedemikian rupa agar menyerupai habitat alami orangutan, dimanfaatkan untuk persiapan orangutan yang akan dilepasliarkan ke alam liar. Orangutan di pulau ini diamati dan diberi makanan tambahan oleh staf dan teknisi BOSF sebelum dilepaskan ke habitat alaminya.

Sementara itu, pulau perlindungan menjadi tempat perlindungan bagi orangutan yang tidak dapat dilepaskan ke alam liar. Para orangutan di pulau ini diamati dan mendapatkan perawatan tambahan dari staf dan teknisi BOSF.

Sejak tahun 2012, BCA bersama BOSF telah mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam berbagai kegiatan konservasi dan pelepasliaran 49 orangutan ke alam liar. Selain itu, mereka juga mendukung rehabilitasi 46 orangutan, perawatan cagar alam jangka panjang, dan pengembangan masyarakat secara berkelanjutan.

Lebih dari 9.000 bibit pohon telah ditanam di area seluas 22,5 hektar untuk mendukung kawasan rehabilitasi orangutan dan beruang madu di Samboja Lestari Kutai Kartanegara.

Upaya edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya pelestarian orangutan juga aktif dilakukan melalui Program Orangutan Goes to School (OGTS), menjangkau 4.284 pelajar dari 42 sekolah di Kalimantan. BCA juga menyediakan dukungan bagi para petugas di kawasan konservasi, mulai dari penyediaan 8.000 masker hingga 30 pasang sepatu boots.

“Hidup orangutan memiliki peran penting dalam menjaga keanekaragaman hayati di habitatnya,” kata Hera, menekankan bahwa pelestarian orangutan merupakan investasi dalam menjaga ekosistem yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *