Tarif Listrik Triwulan IV 2024 Tetap, PLN Jaga Keandalan Layanan

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk mempertahankan tarif tenaga listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi. Foto PLN

NewsBalikpapan – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk mempertahankan tarif tenaga listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi pada Triwulan IV (Oktober-Desember) 2024. Tarif listrik tetap tidak mengalami perubahan, meskipun ada dinamika ekonomi makro yang seharusnya mendorong kenaikan tarif.

Keputusan ini mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 7 Tahun 2024 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PT PLN (Persero). Penyesuaian tarif listrik nonsubsidi dilakukan setiap tiga bulan, berdasarkan perubahan kurs, harga minyak mentah Indonesia (ICP), inflasi, dan harga batu bara acuan (HBA).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P. Hutajulu, menjelaskan bahwa meski parameter ekonomi makro Triwulan IV 2024—berdasarkan data Mei hingga Juli 2024—menunjukkan adanya potensi kenaikan tarif, pemerintah memilih untuk menjaga tarif tetap demi kestabilan daya beli masyarakat dan daya saing industri.

“Berdasarkan empat parameter tersebut, tarif tenaga listrik seharusnya naik dibandingkan dengan kuartal III 2024. Namun, pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan tarif demi menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri,” kata Jisman, Senin (30/9).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa PLN siap mendukung keputusan pemerintah ini. PLN berkomitmen untuk tetap menjaga keandalan layanan listrik meski tarif tetap.

“PLN akan terus mendukung pemenuhan kebutuhan listrik yang berperan penting dalam menggerakkan perekonomian. Listrik kini bukan hanya alat penerangan, tetapi juga bagian esensial dalam kehidupan masyarakat,” ujar Darmawan.

Selain menjaga pasokan listrik, Darmawan menambahkan, PLN terus melakukan upaya efisiensi operasional dan biaya untuk memastikan kelancaran bisnis. PLN juga aktif meningkatkan penjualan listrik dengan berbagai program promo dan insentif menarik bagi pelanggan.

“PLN berkomitmen menyediakan listrik yang andal dan terjangkau, sekaligus menjaga inflasi dan mendukung daya saing industri. Di saat yang sama, PLN terus berupaya meningkatkan efisiensi dan penjualan tenaga listrik,” pungkas Darmawan.

Rincian tarif tenaga listrik untuk Triwulan IV 2024 dapat diakses melalui situs resmi PLN di https://web.pln.co.id/pelanggan/tarif-tenaga-listrik/tariff-adjustment.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *