BUMDes Desa Prangat Selatan Sukses Sumbang PADes Rp130 Juta

Ilustrasi perkebuna karet (Istimewa)

NewsKukar – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bana Nusa yang dimiliki oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Prangat Selatan, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), berhasil mengelola perkebunan karet dan menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Desa (Kades) Prangat Selatan, Sarkono, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini telah menghasilkan PADes sebesar Rp 130 juta dari total omzet sebesar Rp 400 juta. Potensi karet yang tinggi di desa ini telah menjadi salah satu penggerak utama ekonomi warga.

Sarkono menjelaskan bahwa potensi karet di desa ini telah menarik minat tengkulak dari PT Multi Karya Cemerlang hingga masuk ke pasar Samarinda. Harga karet di sini mencapai Rp 7 ribu per kilogramnya.

“Banyak warga yang menjadi penyadap karet karena perkebunan karet di desa ini cukup melimpah. Selain dari sektor karet, warga juga berusaha di bidang lain seperti toko, rumah makan, bengkel, hingga penginapan,” ungkap Sarkono.

Sarkono juga menyebutkan bahwa lahan perkebunan karet di desa mereka telah bersertifikat. Pada masa transmigrasi, daerah tersebut diberikan lahan untuk digunakan, beberapa di antaranya digunakan untuk perumahan dan pertanian.

“Kedepannya, kami akan mencoba untuk mengembangkan potensi pariwisata di lembah yang asri ini, sehingga selain sektor pertanian, kami juga akan fokus pada pengembangan pariwisata,” tandasnya. ADV

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *