Kukar Targetkan Penurunan Angka Stunting di Bawah 15 Persen

Sekkab Kukar, Sunggono (Istimewa)

NewsKukar – Komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam menurunkan angka stunting terus menunjukkan kemajuan positif. Data menunjukkan bahwa angka stunting di Kukar terus mengalami penurunan setiap tahunnya.

Target yang ditetapkan adalah menjadikan angka stunting di bawah 15 persen pada akhir tahun 2024. Untuk mencapai target ini, Pemkab Kukar telah menetapkan 48 desa sebagai Lokasi Fokus (Lokus) penanganan stunting.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono, optimis bahwa target ini dapat tercapai. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan peran setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terlibat dalam penanganan stunting.

“Terlebih lagi, terdapat beberapa arahan dan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bahwa OPD harus turut berperan dalam menekan angka stunting,” ungkapnya pada Jumat (5/4/2024).

“Ikhtiar ini terbukti berhasil, di mana kasus stunting pada tahun 2022 mencapai 17,46 persen, dan pada tahun 2023 turun menjadi 16,39 persen. Hal ini menunjukkan adanya penurunan yang signifikan setiap tahunnya,” tambahnya.

Selain itu, Sunggono juga menekankan pentingnya akurasi data dalam mengidentifikasi masalah stunting. Untuk itu, Pemkab Kukar menggunakan metode Desa Kelurahan Presisi dengan melakukan pencacahan data yang komprehensif, bukan hanya berdasarkan sampel di desa-desa yang mengalami kasus stunting.

“Pendataan yang dilakukan dengan menyeluruh merupakan langkah awal dalam menurunkan angka stunting. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan bahagia,” tandasnya. ADV

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *