PLN Group Borong Penghargaan CSR Awards 2024 Kementerian Desa PDTT

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin (kanan) dalam sambutannya Selasa, (7/5) menyampaikan apresiasinya kepada program CSR yang dilaksanakan BUMN dan perusahaan swasta sebagai dukungan kepada pemerintah dalam mencapai target pembangunan. (Sumber foto: BPMI Setwapres)

NewsBalikpapan – Kontribusi PT PLN (Persero) dalam mendorong perekonomian masyarakat telah menghasilkan kesuksesan bagi PLN Group dengan meraih 22 penghargaan dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di Jakarta pada Selasa (7/5). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, dan menegaskan komitmen perseroan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan.

Secara rinci, PLN Group meraih total 22 penghargaan. PLN Holding meraih 5 penghargaan, termasuk tiga kategori Gold dan dua Silver. Subholding PLN Indonesia Power meraih 14 penghargaan, terdiri dari satu kategori Premium Gold, delapan Gold, empat Silver, dan satu Bronze. Sedangkan PLN Nusantara Power meraih 3 penghargaan, termasuk satu Gold, satu Silver, dan satu Bronze.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin, mengapresiasi program CSR yang dilaksanakan oleh semua stakeholder, baik BUMN maupun perusahaan swasta, sebagai dukungan kepada pemerintah dalam mencapai target pembangunan. Beliau berharap program CSR ini terus bermanfaat bagi masyarakat pedesaan dan mampu mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan.

“Saya mengapresiasi BUMN, perusahaan swasta, BUMDes, dan aktor lainnya yang terus berkomitmen dalam aktivitas CSR mereka dan membantu pemerintah mencapai target pembangunan,” ujar Ma’ruf.

Wapres Ma’ruf juga menekankan pentingnya memperhatikan target penerima CSR agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi perekonomian masyarakat desa, serta pentingnya inovasi dari BUMDes dan pengembangan sumber daya manusia yang lebih unggul, kreatif, inovatif, dan adaptif.

“Terakhir, saya berharap penghargaan ini dapat mendorong dunia usaha untuk menjadikan CSR sebagai program prioritas, dan selamat kepada semua penerima penghargaan hari ini. Semoga ini dapat memotivasi semua pihak untuk menunjukkan kinerja terbaik dalam mendukung pembangunan pedesaan,” kata Ma’ruf.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Halim Iskandar, menyatakan bahwa penyelenggaraan CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Award merupakan dukungan terhadap kontribusi BUMN dan BUMDes dalam perekonomian masyarakat. Pada tahun 2024, ajang ini diikuti oleh 100 kandidat perusahaan, termasuk BUMN, perusahaan swasta, lembaga lainnya, dan perorangan.

“Terdapat 55 program CSR yang meraih kategori Gold, 6 kategori Excellent untuk perorangan, 58 Silver untuk kategori program, serta empat Outstanding untuk kategori perorangan. Ada juga tiga kategori Bronze, dan tiga kategori Apresiasi untuk program CSR,” jelas Abdul Halim.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa kehadiran PLN di tengah masyarakat tidak hanya untuk menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan, tetapi juga untuk menggerakkan ekonomi masyarakat melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Program TJSL PLN, kata Darmawan, menerapkan prinsip Creating Shared Value (CSV) yang mencakup berbagai sektor dengan program prioritas seperti pemanfaatan sampah menjadi energi (Co-Firing), pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA), Electrifying Agriculture, dan lainnya.

“Kami berkomitmen tidak hanya fokus pada kegiatan bisnis semata, tetapi juga berdampak pada kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, program TJSL PLN difokuskan untuk menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat. Ini merupakan upaya kami untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui peningkatan peluang kerja dan usaha, inovasi, industri, infrastruktur yang memadai, pengembangan UMK, dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat desa,” ungkap Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa penghargaan yang diterima hari ini menjadi motivasi bagi PLN untuk terus meningkatkan dan menyebarluaskan program-program pembinaan ekonomi masyarakat melalui program TJSL.

”Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan, yang merupakan hasil dari upaya semua individu di PLN dalam mewujudkan program TJSL. Kami akan terus meningkatkan kualitas program TJSL agar semakin bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tutup Darmawan.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *