PTM Siswa di Kaltim saat Vaksinasi di Atas 75 Persen
PTM Siswa di Kaltim saat Vaksinasi di Atas 75 Persen
16 November 2021
Kota/Kabupaten di Kaltim Siapkan Data Korban COVID-19
Kota/Kabupaten di Kaltim Siapkan Data Korban COVID-19
19 November 2021

Vaksinasi dari Rumah ke Rumah akan Digelar di Balikpapan

Vaksinasi dari Rumah ke Rumah akan Digelar di Balikpapan

Vaksinasi dari Rumah ke Rumah akan Digelar di BalikpapanNewsBalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) akan memaksimalkan vaksinasi COVID-19 di masa pandemik. Pelaksanaan vaksinasi akan digelar secara door to door atau dari rumah ke rumah untuk mengejar pencapaian 100 persen herd immunity.

“Tim dari Puskesmas Pembantu Kariangau, Dinas Kesehatan dan BIN melakukan vaksinasi door to door dengan sasaran warga Kariangau yang berusia lanjut alias lansia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Senin (15/11/2021).

Andi mengatakan, vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Balikpapan sudah menyentuh 90 persen dari total warganya. Pemerintah daerah sudah menargetkan agar akhir tahun ini sudah tercapai 100 persen herd immunity di Balikpapan.

Sehubungan itu, vaksinasi di Balikpapan nantinya tidak hanya dipusatkan ke satu titik lokasi saja. Tujuannya untuk menyasar warga lanjut usia dan pra lansia.

Praktiknya dengan melaksanakan vaksinasi door to door.

Terbaru ini, DKK Balikpapan dan Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi di Kelurahan Kariangau Balikpapan, Senin (15/11/2021). Ada 500 dosis vaksin jenis Pfizer yang disiapkan dalam kegiatan vaksin ini. Vaksinasi massal ini dilakukan dengan dua cara yakni, terpusat di Puskesmas Kariangau dan door to door di RT 02 Kariangau.

Untuk mencapai herd immunity masyarakat Balikpapan serta mencegah terjadinya penyebaran COVID-19, DKK Balikpapan bekerja sama BIN melaksanakan vaksin di Kelurahan Kariangau.

“Tim dari Puskesmas Pembantu Kariangau, Dinas Kesehatan dan BIN melakukan vaksinasi door to door dengan sasaran warga Kariangau yang berusia lanjut alias lansia,” paparnya.

Andi menyatakan, para lansia di Kariangau ternyata banyak yang memperoleh suntikan vaksinasi COVID-19. Kendala tersebut banyak ditemukan ketika tim vaksinasi melakukan verifikasi data masyarakat yang belum divaksin.

“Selain di RT 02 Kariangau, vaksinasi door to door juga kita lakukan di Perumahan Jokowi Batuah Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara,” paparnya.

Sementara itu, Lurah Kariangau M Iskandar mengatakan vaksinasi massal dengan sistem door to door yang digelar DKK Balikpapan bekerja sama BIN di RT 02 Kariangau menyasar warga pra lansia dan lansia.

Total ada 17 pra lansia dan lansia yang divaksin dengan 500 dosis sudah disiapkan.

Diharapkan dengan terus digencarkan vaksinasi massal ini, seluruh warga Kariangau dapat memperoleh vaksinasi sehingga kekebalan kelompok dapat tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *