Insentif Tenaga Medis Balikpapan Masih Kurang
15 December 2020
Kasus Covid-19 di Ibu Kota Negara Baru Masih Tinggi
20 December 2020

Surat Edaran Bagi Perusahaan di Balikpapan

NewsBalikpapan –

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan kembali mengedarkan surat pencegahan penularan Covid-19 di perusahaan-perusahaan. Ada indikasi tumbuhnya kembali klaster penyebaran virus melalui perusahaan.

“Masih dalam tahap pembahasan pemerintah daerah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Minggu (20/12/2020).

Pemkot Balikpapan meminta komitmen masing-masing perusahaan bersama membendung penyebaran Covid-19 di lingkungannya. Seluruh karyawan diminta serius dalam penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan maskers, cairan disenfektan, dan selalu menjaga jarak.

“Karyawan juga harus rutin memeriksa kesehatan,” papar Andi.

Sejak awal Desember 2020 klaster perusahaan justru meningkat. Baik dari pergantian kru maupun perjalanan dinas/cuti karyawan. Termasuk dari tracing klaster perusahaan. Karena imbas dari klaster perusahaan kemudian muncul klaster keluarga yang juga meningkat.

Andi menerima laporan 43 pasien baru terkonfirmasi Covid-19 dari totalnya mencapai 521 jiwa. Pasien-pasien baru ini diantaranya merupakan karyawan perusahaan bergerak di bidang industri minyak gas Balikpapan.

 “Dengan 10 di antaranya dari bidang migas. Ada juga dari bidang kesehatan, yakni seorang dokter dan sopir,” sebutnya.

Pemkot Balikpapan sudah pernah menerbitkan surat edaran tertuju perusahaan pada pertengahan tahun lalu. Tujuan penerbitan surat edaran relatif sama dengan surat edaran terbaru nanti.

Perusahaan harus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan termasuk membentuk Satgas.

Kasus Covid-19 di Balikpapan mencapai 5.191 kasus dengan kematian merengut 249 jiwa. Angka kesembuhan pasien di Balikpapan mencapai 4.421 kasus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *