Pandemi  Jadi Ancaman Industri Media
5 November 2020
Saat Jurnalis Jadi Tumbal Pandemi Covid
6 November 2020

Status Pandemi di Kaltim Belum Berubah

NewsBalikpapan –

Status pandemi penyebaran virus covid 19 di Kalimantan Timur (Kaltim) belum banyak berubah. Tiga kota besar di dalamnya masih berwarna merah menandakan untuk siaga; Balikpapan, Samarinda, dan Bontang.

“Kota besar di Kaltim masih berwarna merah,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Setyo Budi Basuki, Jumat (6/11/2020).

Kaltim mencatat penambahan korban terpapar virus paling besar terjadi di Samarinda (7 kasus) disusul Balikpapan (6 kasus), dan Bontang (3 kasus). Kabupaten Kutai Timur terjadi lonjakan drastis korban terpapar sebanyak 58 kasus.

“Sehingga keseluruhannya terdapat 86 kasus baru terpapar virus selama bulan November,” ungkap Setyo.

Totalnya ada lima kota di Kaltim masih berstatus warna merah; Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kutai Timur, dan Kutai Kartanegara (Kukar). Kota/kabupaten ini merupakan penyumbang terbesar penyebaran virus di Kaltim yang mencapai 14.345 kasus.

Adapun Paser dan Berau masih mempertahankan status warna orange. Sedangkan Mahakam Ulu, Kutai Barat, dan Penajam Paser Utara berwarna kuning.

“Mahakam Ulu sudah menjadi kuning dari sebelumnya warna hijau,” papar Setyo.

Penyebaran virus di Indonesia masih dianggap berbahaya. Indonesia berada di peringkat 19 penyebaran virus covid 19 diantara negara dunia. Terdapat empat negara penyebaran virusnya diatas 1 juta jiwa; Amerika Serikat, India, Brazil, dan Rusia.

Hanya di negara – negara ASEAN, Indonesia menempati peringkat pertama jumlah penderita virus covid 19 diikuti Philipina, Singapura, Myanmar, dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *