Hutan Bakau Balikpapan Terancam
7 August 2014
Rizal Effendy Siap Taati Aturan Pilkada
8 August 2014

Selebaran ISIS Marak di Balikpapan

Ilustrasi benderaNewsBalikpapan –
Selebaran gelap berisi ajakan bergabung bersama Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) marak ditemukan di Balikpapan Kalimantan Timur. Selebaran ajakan diselingi dengan ayat ayat Al Quran mulai beredar sejak sepekan terakhir di Balikpapan.

“Selebaran diterima dari masyarakat Balikpapan,” kata Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan, Jailani, Jumat (8/8).

Jailani mengatakan, selebaran itu beredar di masyarakat maupun para tokoh agama setempat. Dalam selebaran itu, selain ajakan, juga ayat-ayat Al-Quran agar masyarakat terpengaruh dan mau bergabung dengan ISIS.

MUI Balikpapan, menurut Jailani belum mengetahui sejauh mana sebaran selebaran ini di kalangan masyarakat Balikpapan. Dia juga belum memastikan dampak negatif selebaran ini terhadap psikologis warga Balikpapan.

MUI dan Pemerintah Pusat sudah mengeluarkan peringatan dan larangan agar masyarakat tidak bergabung dengan ISIS. Pemerintah akan mengambil langkah tegas jika ada masyarakat yang bergabung.

Sehubungan itu, Jailani meminta polisi menelusuri asal muasal selebaran ISIS ini di Balikpapan. Dukungan masyarakat turut dibutuhkan agar selebaran ini tidak beredar luas di kalangan masyarakat Balikpapan.

MUI Balikpapan juga akan menggelar pertemuan dengan sejumlah lembaga dakwah, ormas Islam, tokoh pesantren, tokoh agama, intelejen hingga kepolisian. Pertemuan ini nantinya diharapkan mampu mencetuskan kesepakatan dalam penanggulangan pertumbuhan pendukung ISIS di Balikpapan.

“Kalau sudah terindikasi seperti ini dicari sumbernya, kemudian segera diambil tindakan, agar tidak bisa melakukan penyebaran lebih luas lagi,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *