Telkomsel Perkenalkan Identitas Baru sebagai Simbol Perubahan
Telkomsel Perkenalkan Identitas Baru sebagai Simbol Perubahan
19 June 2021
Panitia PPDB SD Balikpapan Malah Terpapar COVID-19
Panitia PPDB SD Balikpapan Malah Terpapar COVID-19
22 June 2021

Satgas COVID-19 Kaltim Minta Daerah Waspada

Satgas COVID-19 Kaltim Minta Daerah Waspada

Satgas COVID-19 Kaltim Minta Daerah WaspadaNewsBalikpapan – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kalimantan Timur (Kaltim) meminta setiap kota/kabupaten waspada peningkatan virus pandemi sepekan ini. Petugas mendapati tren kenaikan sebaran virus secara merata hampir di semua lokasi di Kaltim.

“Kita jangan pernah lengah dan selalu waspada,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim Padilah Mante Runa, Selasa (22/6/2021).

Dari data terakhir, Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim mengumumkan tambahan 162 kasus virus corona di provinsi ini. Dengan perincian Berau 5 kasus, Kutai Barat 6 kasus, Kutai Kartanegara 20 kasus, Kutai Timur 16 kasus, dan Mahakam Ulu 2 kasus.

Selain itu Paser 3 kasus, Penajam Paser Utara 6 kasus, Balikpapan 63 kasus, Bontang 30 kasus, dan Samarinda 11 kasus.

Setelah libur hari besar nasional, seluruh daerah di Indonesia patut meningkatkan kewaspadaan terhadap lonjakan kasus positif COVID-19. Tidak terkecuali di wilayah Kaltim. Seperti dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi cukup signifikan.

Kata Padillah penerapan protokol kesehatan menjadi metode paling mudah memangkas penyebaran wabah. Meski demikian dalam prosesnya pemerintah tetap ambil bagian.

“Hal ini sangat penting dilakukan masyarakat dan diawasi satgas setempat agar kita bisa menekan penularan COVID-19 di Kaltim yang kembali melonjak saat ini,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya bersama instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Penanganan COVID-19, saat ini terus berkoordinasi dengan satgas kabupaten/kota. Terutama untuk melakukan penelusuran terkait hal-hal penyebab utama terjadinya penambahan terkonfirmasi yang signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Tren pandemi COVID-19 Kaltim terus meroket di mana jumlah pasien terpapar mencapai 1.476 kasus meningkat 11 persen dibanding 2 hari totalnya 1.330 kasus.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kaltim melaporkan lonjakan terjadi di Balikpapan pasien terpapar sebanyak 595 kasus meningkat 15 persen dibanding sebelumnya sebanyak 518 kasus.

Tren negatif pasien COVID-19 pun terlihat di Samarinda dan Bontang dengan jumlah pasien masing-masing sebanyak 166 dan 287 kasus. Bontang mengalami peningkatan 20 persen dari sebelumnya 239 kasus menjadi 287 kasus.

Sedangkan Samarinda mengalami penurunan tipis 4 persen pasien COVID-19 menjadi 166 kasus dari sebelumnya 173 kasus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *