Ada Harapan, Tempat Wisata Buka selama Natal dan Tahun Baru
Ada Harapan, Tempat Wisata Buka selama Natal dan Tahun Baru
24 November 2021

Balikpapan Bersiap Jelang Penetapan PPKM Level 3

Balikpapan Bersiap Jelang Penetapan PPKM Level 3

Balikpapan Bersiap Jelang Penetapan PPKM Level 3NewsBalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menunggu kepastian pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Dalam sejumlah pemberitaan media massa, pemerintah pusat disebut-sebut akan menerapkan PPKM level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia dalam antisipasi pandemik COVID-19.

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, saat ini berlaku masih Instruksi Mendagri (Inmedgari) Nomor 58 tahun 2021 berlaku sampai 22 November. Apakah masih melakukan perpanjangan PPKM level 2 atau turun ke PPKM level 1 atau naik ke PPKM level 3.

“Tetapi informasi yang kami terima sampai saat ini belum resmi dalam instruksi masih kita terima pemberitaan dari media massa soal PPKM level 3 yang disamakan secara nasional,” ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Zulkifli mengatakan, sempat beredar informasi di mana pemerintah akan menerapkan PPKM level 3 serentak jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 nanti. Penerapannya akan dilakukan tanggal 24 Desember hingga2 Januari 2022.

Tetapi informasi ini belum terbit instruksi resmi dari Kemendagri.

“Bisa jadi lebih cepat pemberlakuan atau lebih panjang lagi pemberlakuannya atau hanya satu minggu itu saja. Karena akan disamakan secara nasional supaya sama standar, sehingga bepergian ke mana saja kebijakan PPKM level 3 bersama,” paparnya.

PPKM level 2 dan level 3 memiliki perbedaan soal kapasitas berkempul dan relaksasi di ruang publik. PPKM level 3 maksimal keterisian maksimal 25 persen sedangkan level 2 bisa sebanyak 75 persen.

“Kemudian untuk WFH hanya maksimal 25 persen di kantor, ketika di level 2 sampai bisa 50 sampai 75 persen, jam operasional mal di PPKM level 3 itu kalau tutup pukul jam 20.00 Wita, level 2 sampai pukul 21.00 Wita,” jelasnya.

Demikian pula pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas hanya boleh dilaksanakan di wilayah berstatus PPKM level 2. Sedangkan PPKM level 3 tergantung zonasi wilayah.

Jelang Natal dan tahun baru, Pemkot Balikpapan mengoptimalkan penjagaan pintu masuk seperti bandara, pelabuhan dan pintu masuk lewat jalur darat.

“Kami usulkan pertama persyaratan orang masuk PCR di bandara, antigen di pelabuhan dan jalur darat, paling tidak akan ada posko baik itu di pintu masuk atau di tempat-tempat keramaian seperti di mal dan tempat wisata,” tuturnya.

Pemerintah akan menerapkan pemberlakuan PPKM level 3 selama periode 24 Desember hingga 2 Januari 2022. Aturan ini diharapkan bisa membatasi mobilitas pergerakan dan juga mencegah munculnya kerumunan di libur akhir tahun.

Sempat tersiar kabar, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir menyebutkan, pengumuman PPKM level 3 akan diumumkan pada 22 November lalu.

“Pertemuan yang melibatkan banyak orang juga akan ditiadakan,” katanya dalam rilisnya pekan ini.

Adapun kebijakan ini akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri). Selama ini, ketentuan pelaksanaan PPKM Jawa Bali maupun non Jawa Bali memang dituangkan dalam Inmendagri.

Namun, Muhadjir menegaskan bahwa kebijakan PPKM level 3 yang akan diterapkan menjelang akhir tahun itu sedikit berbeda dengan kebijakan PPKM level 3 yang diterapkan saat ini.

“Kurang lebih sama, ada sedikit tambahan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *