Badak Pari Menuju Relokasi
17 September 2020
Duka Mendalam Korban Bom Gereja Samarinda
17 October 2020

Pertamina Antisipasi Covid di Sekolah Balikpapan

NewsBalikpapan –

PT Pertamina turut mengantisipasi penyebaran covid 19 di sekolah sekolah Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Program corporate responsible responbility (CSR) membagikan 6 unit wastafel portable multuplek dan 700 masker anti virus.

“Bantuan tersebut merupakan tindaklanjut atas program sekolah bersih, sehat, aman dan nyaman sebagai sub program siswa siaga bencana,” kata Operation Head DPPU Sepinggan Grup Wisnu Fajar Baskoro, Sabtu (17/10/2020).

Pertamina telah menjalin kesepakatan dengan Dinas Pendidikan Balikpapan dan sekolah terpilih dalam penyaluran bantuan. Ini merupakan program bersama Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (Kerlip) Wilayah Kaltim.

Pertamina mendistribusikan bantuan pada jenjang sekolah dasar dan menengah; SD Kemala Bhayangkari, SDN 06 Balikpapan Selatan, SDN 021 Balikpapan Timur, dan SMPN 5 Balikpapan. Bantuan pencegahan covid 19 pun diberikan ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kota Balikpapan.

Wisnu Fajar Baksoro secara simbolis menyerahkan bantuan pada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin.

Dengan pemberian bantuan ini diharapkan dapat mendorong para siswa dan tenaga pengajar di sekolah binaan terpilih untuk senantiasa mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, mulai dari penggunaan masker hingga aktivitas CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

Program SIGAB Pertamina yang diberikan juga semakin berkembang dari waktu ke waktu. Awalnya hanya fokus kepada pendidikan kesiapsiagaan terhadap bencana alam hingga menyesuaikan dengan antisipasi pandemi Covid-19.

Program yang dilaksanakan pun akhirnya menyesuaikan dengan memberikan pelatihan kesiapsiagaan, kewaspadaan, dan mitigasi terhadap wabah covid-19.

“Kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan mewakili Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian Pertamina, khususnya dibidang pendidikan,” ucap Muhaimin.

Pihaknya  berharap dengan gencarnya edukasi dan aksi melalui Program SIGAB ini, maka Kota Balikpapan akan siap dalam menghadapi potensi bencana dan terhindar dari wabah Covid-19.

Pada masa pandemi covid-19, dalam rangka peduli pendidikan di Kota Balikpapan, Pertamina sebelumnya juga telah menyerahkan bantuan ratusan gadget untuk pelajar sebagai bentuk dukungan pembelajaran daring.

Sementara ini, Satuan Tugas Penanggulangan Covid 19 Kaltim mendata tambahan 94 kasus positif baru. Penyebaran virus terdata terdapat di Kutai Timur (38), Bontang (27), Balikpapan (19), dan Paser (10). Total keseluruhan kasus positif covid 19 di Kaltim mencapai 11.306 jiwa.

Sedangkan pasien sembuh bertambah 136 kasus dari Kota Samarinda, dari Kota Balikpapan 38 kasus, 24 kasus dari Kota Bontang, dari kabupaten Kutai Barat 5 kasus, dari Kabupaten Penajam Paser Utara 3 kasus dan dari Kabupaten Berau 2 kasus.

Sementara pasien terkonfirmasti positif yang meninggal dunia bertambah 3 kasus, dari Kabupaten Kutai Timur 2 kasus dan dari Kota Samarinda 1 kasus. Sehingga jumlah kasus kematin sebanyak 434 kasus.

Jumlah pasien sembuh hingga kini sebanyak 8.269 kasus, sebanyak 2.603 kasus masih menjalani karantina mandiri dan perawatan di rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *