Komisioner KPU Balikpapan Positif Covid-19  
6 December 2020
Arti Penting Vaksin Covid-19
11 December 2020

Pemenang Tulisan Tema Covid-19 dan Perempuan Indonesia

NewsBalikpapan –

Enam jurnalis jadi pemenang lomba penulisan bertema “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran dan Hak Perempuan Indonesia. Lomba penulisan ini diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bertepatan hari hak asasi manusia sedunia 2020.

“Para juri memilih enam artikel terbaik sesuai tema sudah ditetapkan,” kata Ketua Umum AJI Indonesia Abdul Manan, Jumat (11/12/2020).

Manan mengatakan, media massa berfungsi menjadi mata, telinga dan mulut publik. Isue tentang perempuan, menurutnya bisa menjadi pertimbangan jurnalis dalam menentukan tema liputannya.

“Sehingga pemerintah mempunyai keberpihakan dalam pengambilan kebijakan tentang perlindungan hak-hak perempuan,” paparnya.

AJI memilih enam jurnalis terpilih berhak ikut pelatihan tiga hari Multimedia Journalism dari Deutsche Welle (DW) Akademie. Mereka pun memperoleh hadiah perangkat gawai untuk menunjang kerjanya.

Para jurnalis pemenang lomba; Made Anthony (Tirto) menulis artikel berjudul “Bagaimana Kesetaraan Gender di Ujung Tanduk Saat Pandemi Menerjang”, Khairina (Kompas Com) menulis “Kisah Para Srikandi di Kampung Gilingan yang Menolak Menyerah di Tengah Pandemi”, dan Didit Hariyadi (Koran Tempo) menulis “Muti Bahri, Menggalang Donasi Pada Masa Pandemi”.

Artikel selanjutnya, Sutriati (Kabar Kota Com) menulis “Buruh Gendong, Potret Perempuan Tangguh di Tengah Bahaya Pandemi Covid-19, Muhammad Amin (Riau Pos Co) berjudul “Para Perempuan Tangguh di Medan Perang Covid-19, Redam Rasa Takut Demi Hak

Kemanusiaan”, dan Irwan Syambudi (Tirto ID) berjudul “KDRT Naik Saat Corona Jadi Alarm Perlunya Kebijakan Berbasis Gender”.

Penilaian didasarkan pada relevansi tulisan dengan tema, orisinalitas, kualitas dan kedalaman informasi, kejelasan pesan yang disampaikan, serta penyajian informasinya. Artikel yang ditulis berbentuk liputan mendalam/feature, mengandung nilai-nilai hak asasi manusia.

Lomba #EU4Wartawan tahun ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan dan diikuti oleh 75 wartawan dari 58 media cetak dan online dari seluruh Indonesia, serta menghimpun total 122 buah karya jurnalistik. Peserta tidak hanya didominasi oleh wartawan asal Jakarta, namun juga dari Solo, Palu, Medan, Kupang, Bandung, Bali, Palembang, Ambon, Riau dan banyak lagi.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Koalisi Perempuan Indonesia Mike Verawati Tangka berharap artikel jurnalis mampu menginspirasi dan jadi gugahan bagi perempuan Indonesia untuk menyuarakan hak-nya.

Menurutnya, butuh usaha keras dalam memperjuangkan peran gender melawan isu yang krusial di masa  pandemi virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *