Pejabat di Kaltim Siap Disuntik Vaksinasi Covid-19
Pejabat di Kaltim Siap Disuntik Vaksinasi Covid-19
13 January 2021
Kasus Covid-19 Kaltim Tembus 5.508 Pasien
Kasus Covid-19 Kaltim Tembus 5.508 Pasien
16 January 2021

Pembatasan Kegiatan Warga di Balikpapan

Pembatasan Kegiatan Warga di Balikpapan

Pembatasan Kegiatan Warga di BalikpapanNewsBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menetapkan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kebijakan pembatasan sosial ini menyusul peningkatan pandemi Covid-19.

“Penetapan status PPKM bagi masyarakat Balikpapan,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Minggu (16/1/2021).

Kota Balikpapan menjadi pusat pandemi Covid-19 di Kaltim dengan jumlah pasien terinfeksi virus mencapai 1.346 orang. Pasien terkonfirmasi virus Covid-19 ini sekitar 24 persen dari total pasien di Kaltim sebanyak 5.508 orang.

Pemkot Balikpapan sudah menggelar rapat koordinasi unsur Forkopimda Kota, Perwakilan DPRD, Tokoh Agama, dan Perwakilan Pelaku Usaha. Penerapan PPKM mengacu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Rizal mengatakan,   pembatasan kegiatan masyarakat diberlakukan sejak tanggal 15 hingga 29 Januari mendatang. Pemerintah daerah meminta masyarakat membatasi berbagai kegiatan sosial terutama di hotel, restoran, warung, dan kafe.

Aparat daerah dan unsur TNI/Polri akan berpatroli dalam penegakan disiplin protokol kesehatan. Para pemilik restoran dan kafe diminta mentaati anjuran PPKM ditetapkan pemerintah daerah.

Selain itu, para pengunjung pun diminta melaksanakan protokol kesehatan; penggunaan masker, jaga jarak, dan mencuci tanggan.

“Kami disini mengingatkan masyarakat menutup usahanya pukul 21.00 Wita,” kata Kasat Sabhara Polres Balikpapan Ajun Komisaris Satria Firdaus.

Beberapa kali, petugas masih mendapati oknum masyarakat tidak mentaati himbauan ditetapkan Pemkot Balikpapan. Aparat terus menerus mengingatkan agar pemilik restoran mentaati aturan PPKM.

Sementara ini, aparat masih persuasif dalam menjalankan aturan tertuang dalam PPKM Balikpapan. Petugas mensosialisasikan pemberlakukan PPKM dalam membendung penyebaran Covid-19.

“Kalau ada yang melanggar belum kami diberi sangsi saat ini kami masih dalam proses imbauan, mungkin saja banyak yang belum tahu soal edaran walikota terkait PPKM,” tegasnya.

Kegiatan patroli gabungan ini melibatkan sekitar 25 anggota Polresta Balikpapan, 15 petugas Kodim 0905, dan 15 petugas Satpol PP guna mengingatkan warga terkait penerapan PPKM di Kota Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *