Ini Rahasia Mahulu Tangkal Covid 19
22 October 2020
Dua Wartawan Meninggal Akibat Covid
23 October 2020

Pasien Positif Covid 19 Kaltim Mencapai 12.038

NewsBalikpapan –

Pasien positif covid 19 di Kalimantan Timur (Kaltim) menembus angka 12.038. Ada tambahan 68 pasien terkonfirmasi terjangkit virus selama bulan Oktober ini.

“Pasien positif sudah mencapai 12.038 jiwa di Kaltim,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Setyo Basuki, Jumat (23/10/2020).

Setyo mengatakan, tambahan pasien covid 19 tercatat berada di Samarinda (41), Balikpapan (15), dan Bontang (11). Ketiganya merupakan kota pusat perekonomian terbesar di Kaltim.

Satgas Covid 19 Kaltim pun mencatat tambahan 1.143 suspek covid yang disumbangkan hampir semua kota/kabupaten. Hanya Penajam Paser Utara (PPU) yang tidak terdapat laporan suspek di bulan ini.

“Dari keseluruhan suspek terdapat 429 jiwa yang masih dalam proses evaluasi medis,” tutur Setyo.

Kota/kabupaten Kaltim penyebaran virus masih cukup tinggi. Ada enam kota berstatus merah; Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kukar), Bontang, Kutai Timur (Kutim), dan Paser.

Lonjakan pasien positif terdapat di Samarinda, Balikpapan, dan Bontang.

Adapun kota berstatus kuning adalah Berau dan PPU disusul Kutai Barat (Kubar) yang masih berstatus orange.

Hanya Mahakam Ulu (Mahulu) berstatus hijau penyebaran virus. Daerah ini menjadi satu satunya kota/kabupaten di Kaltim yang mampu membendung penyebaran pandemi.

Total pasien positif covid 19 Mahulu tercatat sebanyak 19 jiwa dimana 18 diantaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan sisanya, meninggal dunia 1 jiwa.

Selama bulan Oktober ini, Mahulu melaporkan temuan 3 orang merupakan suspek covid 19. Pihak medis sudah melakukan upaya protokol mandiri sekaligus penanganan kesehatannya.

Lokasi Mahulu memang terisolisasi dari kota/kabupaten lain di Kaltim. Daerah pemekaran ini berbatasan langsung dengan Malaysia dengan akses transportasi darat masih minim.

Satgas Covid 19 Kaltim mencatat tambahan positif sebanyak 68 kasus dari total keseluruhan mencapai 12.038 kasus.  Sebanyak 8.970 dinyatakan sembuh, 2.628 dalam perawatan, dan 440 meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *