Dua Kabupaten di Kaltim Masuk dalam Zona Hijau COVID-19
Dua Kabupaten di Kaltim Masuk dalam Zona Hijau COVID-19
12 December 2021
Vaksinasi COVID-19 yang Menjangkau sampai Pedalaman Kaltim
Vaksinasi COVID-19 yang Menjangkau sampai Pedalaman Kaltim
14 December 2021

Lima Daerah di Kaltim Berstatus Hijau Pandemik COVID-19

Lima Daerah di Kaltim Berstatus Hijau Pandemik COVID-19

Lima Daerah di Kaltim Berstatus Hijau Pandemik COVID-19NewsBalikpapan – Untuk pertama kalinya, sejak wabah virus corona merebak di awal tahun lalu dan pelandaian kasus di September tahun ini, hari Minggu per 12 Desember 2021, terkonfirmasi positif COVID-19 nol kasus. Itu adalah kasus pandemik terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kita bersyukur kasus terus melandai, bahkan menurun. Dan hari ini kasus positif COVID-19 untuk pertama.kalinya nihil atau nol kasus,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Ahad (12/12/2021).

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim ini pun menjelaskan perubahan cukup dinamis pada penularan dan penyebaran virus corona menyebabkan perubahan status zona.

“Hari saja sudah ada lima daerah masuk zona hijau, sisanya masih status kuning. Namun, secara kumulatif berada level satu,” ujarnya.

Lima kabupaten dan kota berstatus zona hijau, yakni Mahakam Ulu, Paser, Berau, Kutai Kartanegara, dan Penajam Paser Utara.

Karenanya, mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim ini kembali mengingatkan warga Kaltim, kondisi saat ini patut disyukuri, namun tetap waspada dan patuhi anjuran pemerintah.

“Tetap saja taat terapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari. Jangan lengah dan abai, sebab masih pandemik,” pesannya.

Ditambahkannya, menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), masyarakat harus mampu mengendalikan segala bentuk kegiatan maupun mobilitas.

“Pemerintah mendukung aktivitas masyarakat menjelang Nataru, asalkan dilakukan secara terkendali. Jangan sampai berlebihan malah bisa memicu kenaikan, bahkan lonjakan kasus COVID-19,” pungkasnya.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan agar seluruh daerah waspada penyebaran virus baru Omicron.  Dilaporkan, kasus terpapar virus COVID-19 tertinggi masih terjadi di Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogjakarta, dan Riau.

Sedangkan kasus pasien di Provinsi Kaltim cenderung positif di mana tercatat sebanyak 27 kasus atau turun 59 persen dibanding enam hari lalu tercatat sebanyak 43 kasus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *