Bandara Sepinggan Bersihkan Fasilitas Akibat Corona
16 March 2020
Pusat Rehabilitasi Orangutan Ditutup Antisipasi Corona
19 March 2020

Kaltim Lockdown Akibat Corona

NewsBalikpapan –

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memutuskan mengunci sebagian aktifitas rutin (local lockdown) masyarakat kurun waktu dua pekan kedepan. Kebijakan ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona sedang menjadi perhatian warga dunia.

“Kami memutuskan situasi yang disebut lokal lockdown,” kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi di Balikpapan, Senin (16/2/2020).

Hadi mengatakan, kebijakan lokal lockdown memperoleh dukungan seluruh kota/kabupaten di Kaltim. Unsur TNI dan Polri di Kaltim pun mendukung sepenuhnya keputusan pemerintah daerah ini.

“Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim, Wali Kota Balikpapan, Wali Kota Bontang, Bupati PPU (Penajam Paser Utara)  dan jajaran terkait, kita sudah menyepakati keputusan ini,” paparnya.

Pemprov Kaltim meminta masyarakat efisien dalam beraktifitas di luar rumah. Aktifitas dimaksut berupa kegiatan belajar mengajar sekolah, kampus, pusat perbelanjaan, ibadah dan lainnya.

“Pemahaman lockdown disini tidak menutup sepenuhnya Kaltim dari seluruh aktifitas. Pengertiannya seperti semi lockdown saja,” tutur Hadi.

Sehubungan itu, Hadi memerintahkan dinas pendidikan kota/kabupaten meliburkan proses belajar mengajar selama dua pekan kedepan. Agenda ujian nasional pun terpaksa ditunda menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

“Meliburkan selama dua minggu sampai akhir Maret dan menunda ujian nasional,” ujarnya.

Kaltim menetapkan langkah antisipasi penanggulangan penyebaran virus corona di masyarakat.  Hingga kini belum ada masyarakat Kaltim dinyatakan positif terjangkit virus mematikan ini.

“Kita antisipasi jangan menunggu positif baru kita mengambil keputusan, alhamudlilah sampai sekarang belum ada yang positif,” ungkap Hadi.

Hingga kini memang terdapat 23 jiwa terduga pasien yang dirawat di ruang isolasi rumah sakit di Kaltim. Demikian juga 149 jiwa lainnya yang masih dalam pemantauan pihak medis.

“Kita berharap ini semuanya nanti tetap  negatif  hasil diagnosisnya,” ujar Hadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *