Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Akan Lakukan Audit
4 January 2012
Alat Kelengkatan DPRD Balikpapan Bakal Dirotasi
5 January 2012

Dua Perda Balikpapan Segera Direvisi

Balikpapan – DPRD dan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan sedang melakukan revisi dua peraturan daerah (perda) yang dinilai Kementerian Dalam Negeri bertentangan dengan aturan Undang-undang. “Kita memang diminta untuk merevisi atau melakukan perbaikan dua perda, dan kini tengah dilakukan revisi,” kata Ketua DPRD Kota Balikpapan Andi Burhanuddin Solong (ABS), Rabu (4/1). Dua perda itu yakni perda nomor 16 tahun 2000 tentang minuman beralkohol dan perda nomor 36 tahun 2000 tentang sumbangan pihak ketiga. Revisi perda tersebut ditargetkan harus tuntas dalam tempo 15 hari kedepan.

Perda soal minuman Alkohol jelas ABS hanya dipersoalkan mengenai pengaturan minuman jenis bir. Jenis itu kata ABS harus dikeluarkan dari kategori Miras karena beralkohol rendah.

Sedangkan soal perda tentang pemberian bantuan pihak ketiga, sebelum lahirnya undang-undang nomor 34 tahun 2004, harus ada persetujuan dari DPRD tapi kini sudah tidak perlu lagi.

“Dulu pemberian bantuan pihak ketiga acuannya undang-undang nomor 22 tahun 1999, tapi sekarang mengacu undang-undang nomor 34 tahun 2004. Jadi sekarang tidak lagi harus persetujuan dewan, Itu saja pasal yang dihilangkan ,” kata ABS.

Ia pun yakin DPRD dan Pemkot Baikpapan dapat menyelesaikan revisi dua perda tersebut sesuai target. “Hari ini kan mulai dilakukan perbaikan perda itu, bagian hukum dan banleg dewan,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *