Gerbong Mutasi Massal Pejabat Balikpapan
3 September 2014
Pengukuhan Organisasi Kesehatan Penajam
5 September 2014

DKK Balikpapan Akhiri Tahun Dengan Penghematan

Dokter BalikpapanNewsBalikpapan –
Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Kalimantan Timur bertekat mengakhiri tahun lewat penghematan pengeluaran anggaran. Mereka menargetkan mampu menghemat 20 persen dari seluruh fasilitas layanan kesehatan dimilikinya.

“Seperti hemat air, listrik dan alat tulis kantor,” kata Kepala DKK Balikpapan, Dyah Muryani, Kamis (4/9).

Dyah mengatakan penghematan seperti ini cukup efektif guna mengurangi alokasi anggaran sudah disiapkan totalnya sebesar Rp 28 miliar. Penghematan mampu memangkas pengeluaran hingga mencapai Rp 5,6 miliar untuk biaya air, listrik dan ATK.

Seluruh kantor, pusat kesehatan masyarakat, termasuk juga laboratorium, diminta mulai mengetatkan penggunaan lampu dan peralatan elektronik. Juga melakukan penghematan pemakaian air.

Hal-hal seperti itu, janji Dyah, akan diperbaiki. Dinas Kesehatan Kota Balikpapan akan memulai sejumlah kebiasaan-kebiasaan baru dalam hal penghematan tersebut. Para pimpinan dan staf diminta saling mengingatkan.
Begitu pula dengan penggunaan alat tulis kantor atau ATK. Sejauh memungkinkan, penggunaan kertas akan dikurangi dan diganti dengan file digital yang hemat tempat dan biaya.
DKK Balikpapan mendapat Rp144 miliar dari APBD murni Balikpapan. Untuk membiayai operasional kantor-kantor yang berjumlah hingga 30 unit, termasuk Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan, 27 pusat kesehatan masyarakat, dan laboratorium seperti Balai POM, DKK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *