Awas, Kebakaran Hutan Kaltim
1 March 2014
Panco Berjuang Ikut PON
3 March 2014

Balikpapan Jadi Indonesia Satu ?

Rumah pesisir BalikpapanNewsBalikpapan –

Wali Kota Balikpapan Kalimantan Timur, Rizal Effendy mengklaim kotanya paling ideal menjadi ibu kota negeri ini. Isu pemindahan pusat pemerintahan kembali jadi topic hangat menyusul permasalahan banjir tidak kunjung tuntas di Jakarta.

“Balikpapan jadi paling yang ideal dibanding kota lain,” katanya, Senin (3/3).

Rizal membandingkan kota Palangkaraya Kalimantan Tengah yang sempat digadang gadang menjadi ibu kota Indonesia. Namun perkembangan kota Balikpapan saat ini sudah jauh melampaui Palangkaraya.

“Dulu kan sewaktu era Soekarno, sempat direncanakan Ibukota Negara akan dipindah ke Kalimantan Tengah, tapi kalau lihat sekarang, mungkin Balikpapan yang paling layak,” ujarnya.

Rizal berpendapat kota Balikpapan mempunyai sarana prasarana infrastruktur yang dimiliki kota lain. Dia mencontohkan keberadaan Bandara Internasional Sepinggan hingga pelabuhan peti kemas bertaraf internasional ada di Balikpapan.

Balikpapan nantinya bisa berkolaborasi dengan dua kota lain berkarakteristik sama yaitu Penajam Paser Utara dan Kutai Pantai. Ketiga kota ini berada di wilayah pesisir perairan Selat Makassar.

“Seperti Jakarta kan yang dijuga dikelilingi kota-kota, seperti Depok, Tanggerang, Bekasi,” ujarnya.

Tahun 1980-an, PPU sebelum menjadi daerah otonom, sebagian wilayahnya merupakan bagian dari Balikpapan. Begitupun Kutai Pantai yang kini merupakan bagian dari Kuta Kertanagera (Kukar), sebagian wilayahnya bagian dari Balikpapan.

Khusus Kutai Pantai, sebenarnya sejak 15 tahun terakhir, masyarakatnya memperjuangkan menjadi daerah otonom sendiri. Hanya saja, Pemerintah Kabupaten Kukar (Kukar) tidak merespon, karena Kutai Pantai merupakan pusatnya industry migas setempat.

Balikpapan merupakan miniatur Indonesia, karena nyaris tak ada suku mayoritas di kota yang kerap disebut dengan Kota Minyak. Bahkan ada sekitar 1.500 warga negara asing yang juga hidup dan bekerja di Balikpapan.

Tingkat kriminal pun cukup rendah, di banding daerah lain di Kalimantan. Sehingga dianggap cukup layak menjadi alternative, ibukota negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *