Konsentrasi Pasien Covid di Balikpapan
Konsentrasi Pasien Covid di Balikpapan
20 November 2020
Belajar Mengajar di Balikpapan Aktif Januari
Belajar Mengajar di Balikpapan Aktif Januari
25 November 2020

Alasan Bunga Pinjaman Online Tinggi

Alasan Bunga Pinjaman Online Tinggi

Alasan Bunga Pinjaman Online TinggiNewsBalikpapan –

Meminjam uang tidak selalu ke bank. Kini ada perusahaan fintech peer to peer lending (P2P) atau lebih populer disebut pinjol atau pinjaman online. Ini adalah pilihan pinjam uang cepat tanpa jaminan, tanpa dan anti ribet. Kamu cukup dengan mengunduh aplikasinya saja. Ada banyak pilihan pinjaman uang online OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang dapat dipilih. Perusahaan yang dipantau OJK dijamin legal dan aman. Lalu, kenapa pinjaman online OJK memiliki bunga pinjaman yang tinggi?

Ini Alasannya Bunga Pinjaman Uang Online OJK Bernilai Tinggi

Dibalik kenyamanan peminjaman uang tanpa jaminan ini, ada sisi yang perlu diwaspadai dari pinjaman online. Kemudahan dan proses cepat dari pinjaman uang online OJK memiliki bunga yang cukup tinggi. Perusahaan yang legal dan dipantau OJK dapat memiliki bunga dari 0,05 persen sampai 0,8 persen. Bila mengambil pinjaman uang yang bisa dicicil maka umumnya bunga perbulan bisa sampai 1,5 persen sampai 24 persen. Lalu apa yang membuat bunganya sangat tinggi?

  1. Mudah

Pengajuan pinjaman online sangatlah mudah. Kamu hanya bermodal KTP saja bisa mendapatkan pinjaman tanpa memerlukan jaminan atau bahkan bukti kalau memiliki pekerjaan. Pinjaman yang dilakukan secara online memiliki tingkat kesuksesan cukup tinggi hanya berbekal KTP dan foto diri sambil memegang KTP. Kemudahan inilah yang berpengaruh pada bunga pinjaman yang tinggi.

  1. Proses Pencairan yang Cepat

Kamu dapat mengunduh aplikasi pinjaman online OJK dan langsung membuat pengajuan. Salah satu pinjaman online yang populer dan aman adalah tunaiku. Kamu bisa menggunakan aplikasinya untuk mendapatkan pinjaman yang disetujui pada hari yang sama.

Caranya melakukan pinjaman pada aplikasi Tunaiku sangat mudah dan dapat memperoleh uang dalam hitungan jam. Bandingkan dengan pinjaman ke bank yang membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk mendapatkan respond.

  1. Besarnya Pinjaman

Bunga pinjaman mengikuti besarnya nilai pinjaman. Semakin tinggi nilai uang yang dipinjam maka semakin tinggi bunganya. Pinjam uang cepat secara online sudah memiliki suku bunga yang tinggi. Hal ini dikarenakan resiko yang ditanggung perusahaan fintech dalam meminjamkan uang. Jadi waspadai suku bunga yang lebih tinggi bila kamu mengajukan nominal paling maksimal pada aplikasi pinjaman uang OJK. Umumnya untuk pinjaman pertama, nominal yang disetujui tidak sampai maksimal, namun setelah beberapa kali meminjam dan memiliki sejarah yang baik, jumlah pinjaman bisa meningkat.

  1. Tenor Singkat

Pinjaman uang online OJK mengambil keuntungan dari selisih waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan uang. Hal ini disebut sebagai tenor atau jangka waktu pembayaran. Meminjam dalam waktu singkat akan menyebabkan bunga semakin tinggi.

Hal ini juga akan dialami bila meminjam pada Fintech Tunaiku. Platform yang dipantau OJK ini menawarkan pinjaman berbeda dengan bank. Semakin singkat tenor pinjaman maka tingkat bunga jadi lebih tinggi. Bila ingin menurunkannya, maka dapat memilih tenor yang lebih panjang.

  1. Tidak Ada Jaminan

Alasan lain mengapa suku bunga tinggi pada pinjaman online OJK adalah tidak adanya jaminan. Umumnya kita harus menyerahkan barang berharga yang memiliki nilai jual tertentu. Benda seperti sertifikat rumah atau tanah, surat kendaraan bermotor, dan barang berharga lainnya diberikan pada pihak peminjam. Hal ini tidak berlaku saat kamu pinjam uang cepat secara online. Bunga yang tinggi menggantikan posisi jaminan tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat mengapa pinjaman online memiliki suku bunga yang tinggi. Bahkan pinjaman uang online OJK pun tidak luput dari bunga pinjaman tinggi. Oleh karena itu pastikan memakai Fintech yang dipantau OJK agar mendapat suku bunga tinggi namun tidak sebesar perusahaan fintech lainnya yang ilegal. Selain itu, baca dengan teliti kontrak perjanjian dan pilihan pinjaman yang ada untuk menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *