Tujuh Medis Kaltim Jadi Korban Covid 19
31 October 2020
Bantuan Sosial Tunai Bagi Penderita Covid
4 November 2020

AJI Balikpapan Minta Wartawan Waspada Virus Covid 19

NewsBalikpapan –

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Balikpapan meminta insan pers meningkatkan kewaspadaan penyebaran virus covid 19. Himbauan ini disampaikan menyusul laporan cluster penyebaran virus di ruang redaksi media lokal setempat.

“Ada laporan penyebaran virus di salah satu ruang redaksi media,” kata Sekretaris AJI Balikpapan Teddy Rumengan, Senin (2/11/2020).

Teddy meminta jurnalis mentaati protokol kesehatan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Wartawan harus menjaga social distancing, pengenakan masker, dan melengkapi cairan disinfektan.

Apalagi dalam kesehariannya, jurnalis lapangan cenderung abai menjaga memproteksi kesehatan diri. Khususnya dalam menjaga kesehatan diri guna membangun imunitas melawan penyebaran virus.

AJI menyatakan pandemi covid 19 sudah memakan korban dua nyawa wartawan di Indonesia. Wartawan bersangkutan terpapar virus setelah menjalankan tugas jurnalistiknya di lapangan.

AJI mencatat, pandemi covid 19 sudah memakan korban dua wartawan berdomisili di Bali dan Pamekasan Madura. Keduanya mengeluhkan gejala penyakit yang hampir sama serta sempat memperoleh penanganan medis.

Dua wartawan menjadi korban adalah Putu A dan Bambang Winaryo.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan memastikan dua wartawan setempat dinyatakan positif terpapar virus covid 19.

“Ada 2 dari rekan media yang terkonfirmasi positif,” kata Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Satgas Covid 19 Balikpapan lantas melakukan pelacakan aktifitas pasien di perusahaan dan lingkungan keluarga.  Pengujian swab tes menemukan 8 orang dinyatakan positif serta harus dilakukan isolasi mandiri di asrama embarkasi haji dan wisma setempat.

Selain itu, Satgas Covid juga melakukan penyemprotan di tempat kerja media mulai dari ruang lobi, Redaksi bahkan percetakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *