Data centre XL di BalikpapanNewsBalikpapan –

PT XL Axiata Tbk melanching penggunaan data center kapasitas 15 rak di Balikpapan Kalimantan Timur. Layanan data center ini pertama kali ada di Kalimantan guna melayani kalangan bisnis wilayah Indonesia bagian timur.

“Kami menjadi provider yang inovatif dalam pengembangan data di Balikpapan,” kata Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan di Balikpapan, Jumat (13/11).

Divisi Cloud XL saat ini telah memiliki tiga data center berlokasi di Arengka Pekanbaru, Bintaro Jakarta dan Kali Rungkut Surabaya. Data center Balikpapan melayani penyewaan rak, space dan managed service untuk perusahaan level medium.

Data center Balikpapan dibangun sistim modular di area seluas 100 meter persegi di Gunung Sinyal Karang Jati. Menurutnya kawasan ini paling strategis dalam segi keamanan dan aksesnya untuk pembangunan lokas data centre.

“Kalau penyewaan data kapasitas besar seperti sector perbankan dilayani data center di Surabaya dan Jakarta,” tuturnya.

Ongki mengatakan data center XL ini mampu melayani penyimpanan data bagi setidaknya 30 perusahaan dan pemerintah daerah di Kalimantan dan Sulawesi. Kapasitas penyimpanan datanya juga masih bisa ditingkatkan sesuai potensi pasar layanan data yang ada di Indonesia timur.

“Bangunannya masih bisa dikembangkan lagi, kami masih punya lahan seluas 321 meter persegi yang dipersiapkan untuk pengembangan pembangunan data center XL,” ungkapnya.

Penyimpanan layanan data center XL ini akan dikenakan biaya Rp 9 juta per bulan per rak. Sejumlah perusahaan, pemerintah daerah dan universitas di Balikpapan sudah menyatakan ketertarikannya untuk memanfaatkan layanan jasa data center XL ini.