PDIP Segera Capreskan Jokowi
15 October 2013
Persiba Terus Perkuat Timnya
15 October 2013

Wisatawan Indonesia Diprediksi 250 Juta

Wisata BerauNewsBalikpapan –

Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan nusantaran terus meningkat setiap tahun. Tahun ini bahkan menargetkan sekitar 250 juta wisatawan nusantara yang berkunjung ke wisata-wisata yang ada didaerah.

“Target kita kan memang tahun ini 250 juta wisatawan, makanya kita terus aktif melakukan promosi-promosi wisata daerah,” kata Pelaksana harian (Plh) Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperaf), Tridiana MT.

Salah satu yang dilakukan menggelar kegiatan direct promotion Sulawesi di Kota Balikpapan selama dua hari, terhitung sejak 12-13 Oktober 2013. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk pameran dan penjualan paket wisata ini dipusatkan di pusat perbelanjaan.

Karena lanjutnya, melalaui direct promotion memberikan kontribusi, sehingga penjualan paket wisata dalam negeri dapat berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara.

Dipilihnya Kota Balikpapan, dengan pertimbangan karena kota tersebut, memiliki interkoneksi langsung dengan daerah lain khususnya dengan keberadaan bandara Internasional Sepinggan Balikpapan. Sebelumnya menggelar direct promotion di Surabaya, Bali, Jogya dan Makassar.

Dijelasnnya, Kemenperaf sengaja hanya menjual paket wisata Sulawesi, daerah wisata di Indonesia bukan hanya Bali maupun Jawa. “Di Sulawesi kan juga banyak wisata-wisata yang sangat menarik, yang juga tidak kalah dengan di Bali maupun yang ada di Jawa, jadi kunjungan wisata diluar Jawa – Bali meningkat” ungkapnya.

Tercatat ada 10 perusahaan industri pariwisata di Sulawesi yang tampil sebagai peserta sekaligus seller dalam kegiatan tersebut. Sedangkan yang tercatat sebagai buyer- nya sekitar kurang lebih 40 perusahaan yang berasal dari Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, hingga DKI Jakarta.

Dia berharap melalui direct promotion pesona wisata daerah khususnya Sulawesi, dapat diketahui masyarakat.  “Lewat kegiatan ini kita juga ingin meningkatkan image bahwa pariwisata Indonesia itu seluruhnya indah dan menarik,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *