Ilustrasi: Jalan rusak di Manggar, Balikpapan.

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id – Warga yang bermukim di RT 46 dan 47 Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur mengancam tidak akan mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2013 maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2014 mendatang. Hal ini disampaikan menyusul kondisi jalan di Gang Sepakat rusak berat, dan belum ada perbaikan dari Pemerintah setempat.

“Kami sudah usulkan masalah ini melalui reses Ketua Dewan sejak tahun 2011 lalu, bahkan prosesnya semua sudah kami penuhi, termasuk menyampaikan surat permohonan kepada Walikota. Tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya. Apabila pada tahun 2013 tidak ada perbaikan, maka tidak ada Pilkada di tempat kami,” ujar Ketua RT 47 Hariadi yang didampingi warganya, dalam reses Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong, Senin (10/12/2012) di Asrama Haji Balikpapan.

Tidak hanya itu, Hariadi mengaku akan mengembalikan stempel RT ke Pemerintah Kota (Pemkot) jika permintaan tersebut tidak dikabulkan hingga 30 Januari 2013. Kesepakatan itu dicapai berdasarkan musyawarah bersama warga dan tokoh masyarakat di Gang Sepakat.

Disebutkan, panjang jalan yang rusak kurang lebih 800 meter. Jalan tersebut merupakan akses masuk ke permukiman warga. Sedikitnya ada 180 Kepala Keluarga (KK) yang bermukim di wilayah RT 46, ditambah 162 KK yang berada di RT 47. Di lokasi tersebut juga berdiri sekolah PAUD, TK, Gereja, dan tempat pembongkaran ikan bagi nelayan yang pulang dari melaut.

“Kondisi rusaknya sudah hampir 20 tahun, karena kalau hujan jalan itu jadi becek dan penuh lumpur. Kami ingin agar jalanan ini jadi baik sehingga bisa memudahkan masyarakat untuk beraktivitas,” tandas Hariyadi. (*)