Rizal EffendyBalikpapan –

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan Kalimantan Timur bergabung dalam kerjasama kota kota se Asia Pasific atau cyber city. Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy hadir dalam pelantikan Ketua Cyber City yang dilaksanakan di Soul Korea Selatan.

“Ada pelantikkan Ketua Cyber City  di Seoul Korea, karena sebelumnya kan Ketuanya Walikota di Hokahama Jepang, Cyber City itu kan kerjasama Kota-kota di Asia Timur, Asia Pasifik,” katanya, Rabu (3/4).

Rizal mengatakan besarnya manfaat Balikpapan saat bergabung dalam Cyber City bersama kota kota lain di Asia Pasific. Balikpapan memperoleh akses program pelatihan dalam pengelolaan suatu kota modern.

“Karena memang nanti ada pelatihan-pelatihan yang kita dapat, jadi ada keuntungannya,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, pelatihan-pelatihan yang digelar Cyber City dan diikuti seluruh anggota se Asia Pasifik tersebut, diantaranya menyangkut transportasi, sanitasi, sampah maupun lainnya. “Jadi banyak pelatihannya yang akan digelar di Seoul, Korea,” bebernya.

Pemkot Balikpapan kata Rizal, nantinya akan mengirimkan staff nya untuk mengikuti pelatih-pelatihan tersebut. “Nanti staff kita diberikan pelatihan yang ahli, kemudian nati ada program-program bantuan juga ada kerjasama,” urainya.

Disamping itu kata dia, dalam pelatihan-pelatihan itu, Pemkot Balikpapan tidak harus mengeluarkan biaya yang besar, alias gratis karena dibiayai program Asia pasifik. Jadi itu sifatnya kerjasama, karena kita hanya membayar iuran anggota saja, lumayan murah,” ucapnya.

Pelatihan-pelatihan yang diperoleh itu, kemudian akan diterapkan, mengingat kondisi kota yang dikenal dengan sebutan Kota Minyak ini, membutuhkan “sulapan” mengatasi kemacetan, sanitasi, maupun terkait volume sampah yang cukup tinggi.

“Itu keuntungannya,  dari pelatihan itu kemudian kita bisa realisasikan membangun kota ini, jadi memang sangat menguntungkan kita. Karena banyak pelatihan-pelatihan yang kita dapat dan tidak banyak keluar biaya,” paparnya.