Masuk Zona Merah, Persiram Klaim Pelatih Kompak
7 June 2012
Balikpapan Tuntaskan E-KTP Selama Lima Bulan
8 June 2012

Total Indonesie Siapkan 100 Juta US Dolar Eksplorasi

kilangBalikpapan -
Total Indonesie menyiapkan dana eksplorasi sebesar 100 juta US dolar untuk tiga blok lokasi West Papua, Kepulauan Mentawai Sumatera Barat dan laut dalam Kalimantan. Anggaran sebesar itu peruntukannya untuk pembiayaan proses seismic pencarian sumber minyak gas di tiga blok ini.

“Kurang lebih, kita siapkan dana hingga 100 juta US dolar,” kata Eksekutif Vice President Total, Hadi Pramono saat di Balikpapan, Rabu (6/6).

Pemerintah Indonesia, kata Hadi telah menunjuk Total Indonesie sebagai pengelola tiga blok berpotensi menghasilkan minyak gas. Total Indonesie dianggap punya pengalaman mengelola sector minyak gas di blok Mahakam Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

“Ini nantinya menjadi lapangan baru minyak gas Total,” paparnya.

Untuk blok Mentawai dan Kalimantan, menurut Hadi berada di kawasan laut dalam ekslporasi off shore. Sedangkan lokasi West Papua berada di suatu kawasan yang identik dengan delta blok Mahakam.

“Keduanya adalah kawasan laut dalam, sedangkan West Papua berada di kawasan delta, seperti halnya lokasi blok Mahakam,” ujarnya.

Total Indonesie, lanjut Hadi akan memulai tahap eksplorasi seismic pada akhir tahun 2012 ini. Dengan tahap seismic ini, dia berharap dapat diketahui lokasi maupun kandungan minyak gas di tiga blok milik Total Indonesie itu.

“Kami belum tahu besaran kandungan migas di tiga blok ini sehingga tentunya perlu dilakukan proses seismic,” ujarnya.

Hadi mengakui pengembangan lapangan minyak gas Total Indonesie mulai dipusatkan di wilayah Indonesia timur dimana masih banyak lokasi menyimpan kandungan kekayaan alam tinggi. Kawasan Indonesia bagian barat sudah terlalu padat dengan proses eksploitasi perusahaan perusahaan migas lainnya.

Namun demikian, Hadi memastikan Total Indonesie masih berambisi untuk meneruskan kontrak pengelolaan blok minyak gas Mahakam yang berada di Kutai Kartanegara. Pemerintah Indonesia dan Total sedang dalam proses negosiasi perpanjangan pengelolaan blok Mahakam yang berakhir 2017 nanti.

5 Comments

  1. […] Total E&P Indonesie siap berdiskusi dengan PT Pertamina soal pengelolaan Blok Mahakam Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Pemerintah menyerahkan pengelolaan blok kaya gas ini dan seluruh negosiasi kerjasama pada Pertamina 2017 mendatang. […]

  2. […] Hardy mengatakan pipa gas ini dioperasikan pada 25 Juli atau lebih cepat satu minggu dari komitmen yang direncanakan 1 Agustus lalu. Total sukses melakukan penghematan biaya sebesar Rp 130 miliar dari keseluruhan anggaran direncanakan semula. […]

  3. […] Rako mengenang masa masa sulit melawan geganasan alam bumi borneo saat Total dipercaya Pemerintah Indonesia menjadi operator blok migas Mahakam. Berbekal 20 pegawai dengan kemampuan sumber daya manusia (SDM) seadanya guna mengawali proses eksploitasi blok gas terkaya di Indonesia. […]

  4. […] kesepakatan ditandatangani oleh President & General Manager Total E&P Indonesie, Hardy Pramono, dan Ketua Serikat Pekerja Nasional Total E&P Indonesie (SPNTI), Budi […]

  5. […] mengatakan penghematan sebesar 600 juta US dolar nilainya mencapai 25 persen dari total biaya operasional Blok Mahakam sebesar 2,2 miliar US dolar […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *