Pertamina Berikan Santunan 300 Paket Sekolah
26 June 2019
Telkomsel Luncurkan Saluran TechStorm HD
28 June 2019

TNI Manunggal KB Kesehatan Tenggarong

NewsTenggarong –

Komandan Resor Militer 091 Aji Suryanata Kesuma (ASN) Brigjen TNI Widi Prasetijono, membuka kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan ( TMKK ) Provinsi Kaltim di Halaman Koramil  0906-14 Tenggarong Seberang, Desa Manunggal Jaya, Rabu (26/6).

Kegiatan ini  merupakan Program kerjasama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat dengan TNI baik di tingkat pusat maupun daerah.

Widi Prasetijono mengatakan melalui kegiatan bakti sosial TNI KB Kesehatan perlu dilakukan dalam rangka mensosialisasikan secara luas program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Tujuannya adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk agar dapat seimbang dengan ketersedian pangan dan energi,” katanya.

Dikatakannya, penduduk merupakan aset penting suatu bangsa,  karena penduduk akan sangat menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Oleh karena itu aspek kuantitas dan kualitas suatu penduduk harus menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah.

Saat ini, Bangsa Indonesia telah mengalami peningkatan jumlah penduduk yang luar biasa, namun tidak diimbangi oleh ketersediaan daya dukung yang memadai.

Sehingga menurutnya keadaan ini, apabila terus dibiarkan tentu akan berdampak pada timbulnya beberapa permasalahan bangsa seperti rendahnya kualitas pendidikan, tingkat kesehatan yang buruk, melemahnya ekonomi keluarga, pola pengasuhan anak dalam keluarga semakin tidak berkualitas, kemiskinan, pengangguran dan yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya krisis pangan yang akan berdampak pada melemahnya ketahanan bangsa.

Maka dikatakannya malalui pelayanan KB Kesehatan yang dilaksanakan di Kecamatan Tenggarong Sebarang, sebagai pertanda dimulainya suatu kontribusi pengabdian BKKBN Provinsi Kaltim dan Korem 091/ASN serta mitra kerja BKKBN untuk membangun kependudukan di wilayah Kaltim,  agar tumbuh seiring dengan daya dukung yang tersedia, sehingga masyarakat Kaltim sebagai bagian dari Bangsa Indonesia secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur.

Brigjend Widi juga mengatakan dalam menyukseskan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, TNI melaksanakan program pendampingan KB – kesehatan dengan sasaran komando kewilayahan (Kodim) yang dalam pelaksanaannya kepada seluruh prajurit yang selama ini telah membantu dan menjalin kerjasama yang baik dengan jajaran BKKBN di Kaltim.

Sementara itu Bupati Kukar Edi Damansyah dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Sunggono  mengucapkan terima kasih kepada Korem 091 /ASN, BKKBN Provinsi Kaltim  yang telah menetapkan Kukar menjadi lokasi kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan Provinsi Kaltim Tahun 2019.

Pemkab Kukar juga sangat berkomitmen terhadap pembangunan sumber daya manusia sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten. Pemkab Kukar juga menyadari bahwa sumber daya manusia merupakan modal dasar pembangunan yang memiliki peran yang sangat strategis sebagai penggerak pembangunan, oleh karenanya pembangunan sumber daya manusia dilaksanakan secara terintegrasi oleh semua sektor.

Dikatakannya, Pemerintah daerah sangat mengapresiasi upaya positif yang dilakukan TNI. Jika kita menengok sejarah maka kesuksesan bangsa Indonesia dalam program pengendalian penduduk dan KB juga tidak lepas dari peran aktif TNI.

“Semoga keterpaduan seperti nini tetap terus diagendakan dimasa – Masaya yang akan datang dalam upaya membangun masyarakat yang sehar dan sejahtera,” harapnya.

Sunggono selanjutnya mendampingi Danrem 091 ASN beserta rombongan melakukan peninjauan pelayanan KB kesehatan. ADV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *