airBalikpapan –

PDAM Balikpapan Kalimantan Timur meningkatan pelayanan air bersih bagi warga di dua kecamatan wilayah utara dan barat pada  2013 mendatang. Alokasi dana yang disiapkan sekitar 80 miliar yakni dua untuk instalasi di kampung baru dan dua instalasi di kilometer 12, Balikpapan Utara.

“Untuk pembangunan instalasi di Km 12 itu sekitar Rp 25 milir dan untuk instalasi di Kampung baru itu Rp15 miliar,” kata Dirut PDAM Balikpapan, Soufan, Kamis (27/12).

Instalasi yang dimaksud yakni pemasangan pipa sepanjang 11,5 kilometer di kilometer 12 dan penambahan boster-boster dan pembuata receivoar di wilayah Balikpapan Barat. “ Pertama untuk menambah kapasitas produksi dan perbaiki sistem pelayanan yang saat ini kurang lancer menjadi lancer seperti di kampung baru itu. Kalau dua ini selesai bisa nambah  kapasitas 150 liter perdetik,”terangnya usai rapat di pemkot.

Saat ini daya mampu kapasitas air baku yang dihasilkan dari waduk Manggar yakni 1115 liter perdetik. “ Dengan jangkauan pelayanan ke masyarakat sekitar 76 persen,” ucapnya.

Untuk peningkatan pelayanan bagi masyarakat  Balikpapan Timur itu  kata Soufan, pihaknya masih menunggu pembanganuan waduk Tritip yang ditargetkan dilaksanakan 2013 nanti

“ Ini kapasitasnya 200 liter perdetik , doakan saja mudah-mudah bisa segera terlaksana,” ujarnya.

Dana anggaran pembangunan  Waduk Tritip diperkirakan sebesar Rp120 miliar yang berasal dariAPBN. “ Perkiraan anggaran sebesar itu. Itu diluar intalasinya. Nah biaya untuk instalasinya dari kita PDAM sekitar Rp90 miliar mudah-mudahan 2014 bisa dibangun instalasinya. Kita sudah siapkan itu,” ungkapnya.

Selain itu PDAM juga sedang mempersiapkan pembangunan jaringan pipa air baku di Waduk Samboja, Kukar yang diperkirakan baru bisa direalisasikan pada 2014 nanti. “ Sekarang lagi dibuatkan DEDnya mudah-mudahan 2014 sudah bisa dibuatkan pemipaan diperkirakan 200 liter perdetik,” tambahnya.