Persiba Taklukkan Arema 2-1
10 December 2011
Pembangkit Listrik Disel Kaltim Segera Ditutup
11 December 2011

Tiga Tim Kaltim Bakal Didegradasi

Balikpapan - Persiba Balikpapan terancam didegradasi karena bermain diluar kompetisi resmi yang digelar PSSI. Tim kebanggaan masyarakat Balikpapan itu akan didegradasi bersama dua tim asal Kaltim lainnya, yakni Persisam Putra Samarinda dan Mitra Kukar. Pasalnya tiga tim asal Kaltim itu memilih mengikuti kompetisi Indonesia Super League (ISL), bersama beberapa tim lainnya diantaranya Persipura, Persib, Persela, Deltras, Persiwa, Persidafon, Sriwijaya FC dan PSPS.

Seperti yang dilansir situs resmi Indonesian Premier League (IPL), Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin mengatakan bagi klub-klub yang membangkang di luar kompetisi resmi PSSI, terancam turun peringkat ke level di bawahnya. 

“Bagi mereka yang tidak ikut kompetisi dan mbalelo, statuta jelas bahwa tim yang tidak ikut kompetisi resmi, otomatis turun degradasi ke level bawahnya,” ucap Djohar, usai menyaksikan pertandingan pembuka (kick-off) Divisi Utama 2011-2012 di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (10/12)

Kerugian lainnya, kata Djohan, timnas Indonesia yang sudah mulai membaik, dengan adanya tingkah seperti ini malah akan menghancurkan. “Ini harus disadari. Karena itu marilah bangun sepakbola Indonesia dengan tidak mengikuti yang ilegal, yang tidak diakui oleh FIFA, AFC, dan statuta PSSI,” katanya.

Djohar menjelaskan, dirinya tak mau ikut campur soal sanksi yang akan dijatuhkan oleh Komite-komite PSSI, seperti Komite Etika, Disiplin, dan Fair Play, kepada klub-klub yang bermain di kompetisi tidak resmi.

“Biarkan mereka menentukan sesuai dengan statuta. Jadi seandainya ada hukuman, itu bukan hukuman kami dari PSSI tapi perintah dari statuta,” jelasnya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *