Launching Grand New AvanzaNewsBalikpapan –

PT Toyota Astra Motor mempertegas dominasi segmen low MPV lewat peluncuran varian terbaru Grand New Avanza dan Grand New Veloz di Balikpapan Kalimantan Timur. Dua tipe terbaru Avanza memastikan penguasaan market Avanza yang sudah menembus angka penjualan diatas 1,3 juta unit.

“Produk Avanza sudah terbukti bukan produk low MPV low MPV an. Seperti halnya produk merk lain,” kata Deputi Division Head Product Planning and Development PT Toyota Astra Motor, Sutrimono di Balikpapan, Sabtu (15/8).

Sutrimono mengatakan konsep desain produk Avanza sudah melalui proses research panjang sesuai keinginan masyarakat Indonesia. Diluncurkan sejak 10 tahun lalu, menurutnya Avanza langsung mampu menggantikan tipe mobil Kijang dari sisi kehandalan, kenyamanan dan jauh lebih murah.

“Kami mensurvey dan hasilnya masyarakat ingin tipe mobil yang handal, nyaman dan lebih murah. Keluarlah Avanza ini,” ungkapnya.

Varian Grand New Avanza dan Grand New Veloz tetap mengandalkan teknologi dual  VVT-i dengan kapasitas mesin 1,300 cc dan 1.500 cc. Toyota hanya meningkatkan dari sisi teknologi interior, kenyamanan kemudi hingga peningkatan factor keamanan penumpangnya.

“Kami meluncurkan warna merah dan biru metalik. Warna ini sesuai permintaan mayoritas konsumen juga,” paparnya.

Branch Manager Auto 2000 Balikpapan, Ilyas Fajar pangsa pasar produk Avanza terus bertumbuh di Kaltim. Total penjualan Avanza di Kaltim sudah mencapai 63.053 unit dengan market share 45,4 persen pada semester satu 2015 ini.

“Market share produk kami meningkat sebelumnya hanya 41 persen pada periode sama,” ungkapnya.

Ilyas mengatakan produk Avanza menjadi andalan ditengah lesunya perekonomian industry pertambangan, perkebunan dan minyak gas di Kaltim. Dia optimus dengan rencana stimulus pemerintah dalam menggeliatkan roda perekonomian daerah pada bulan September mendatang.

“Ada rencana stimulus pemerintah sehingga kami optimis peningkatan naik bulan September nanti,” tuturnya.

Produk Grand New Avanza dan Grand New Veloz secara resmi baru diluncurkan pada masyarakat Balikpapan, Sabtu (15/8) hari ini. Sudah ada sebanyak 100 unit pemesanan dua tipe varian baru ini yang dibadrol ke pasaran seharga Rp 191 juta hingga Rp 250 juta.

“Secara resminya kami menerima 100 unit pemesanan. Namun biasanya penjualan pertama jauh diatas angka itu,” ujarnya.