Kasus Pidana Awi Diragukan
14 May 2019
Mengintip Calon Ibu Kota, Bukit Soeharto
16 May 2019

Telkomsel Konsentrasi Industri Kreatif Startup

NewsBalikpapan –

Telkomsel komitmen pengembangan ekosistem industri kreatif digital di Indonesia. Operotor telekomunikasi digital mengalokasikan dana investasi USD 40 juta mendorong pertumbuhan startup tanah air.

“Kami menyadari bahwa Asia Tenggara merupakan kawasan yang berkembang dengan sangat cepat,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek  Adriansyah, Rabu (15/5/2019).

Ririek mengatakan, investasi awal tersebut merupakan kolaborasi MDI Ventures Telkom dan Singtel Innov8. Perusahaan Singtel yang merupakan corporate venture capital.

Pengembangan industri kreatif ini, sambung Ririek melibatkan anak perusahaan, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). TMI nantinya menjalin investasi, sinergi dan kolaborasi startup baru dalam unit bisnis Telkomsel.

“Berinvestasi perusahaan baru yang menjanjikan memanfaatkan akses pada kompetensi yang dimiliki Telkomsel,” ujarnya.

Asia Tenggara merupakan kawasan yang berkembang dengan sangat cepat. TMI diharapkan menjalin kerjasama permodalan dengan unicorn potensial.

“Kerjasama yang saling menguntungkan dalam jangka panjang,” tegas Ririek sambil menambahkan TMI mampu mengakses peluang baru sektor teknologi.

Chief Executive Officer (CEO) TMI,  Andi Kristianto menyatakan, pihaknya terus mencari cara pemanfaatan aset Telkomsel dalam perkembangan industri kreatif. Seperti kerjasama pelaku startup dalam membangun rencana strategis jangka panjang.

“Banyak market insights yang dapat kami berikan dari perspektif enterprise dan consumer di Indonesia,” paparnya.

CEO MDI Ventures, Nicko Widjadja mengatakan, perusahaannya berkembang tiga tahun terakhir menjadi kendaraan pertumbuhan Telkom Indonesia. Awalnya adalah CVC eksperimental hingga selanjutnya memiliki satu exit IPO di  Tokyo Stock Exchange (TSE) dan dua trade sales exit.

“Selain berkontribusi pada top line dan bottom line bagi Telkom Metra Holding. Kami antusias berkolaborasi dengan TMI di sektor telekomunikasi digital,” ungkapnya.

Adapun Singtel Innov8 fokus pengembangan startup teknologi mutakhir dan disruptif. Pertumbuhan teknologi startup  makin meningkat di Asia Tenggara seiring pengembangan bisnis kawasan.

“Kerjasama dengan Telkomsel memiliki posisi yang tepat agar mendapatkan akses ke Indonesia. Kami menantikan untuk dapat bekerja sama dengan TMI,” CEO Singtel Innov8, Edgar Hardless.

Telkomsel merupakan operator telekomunikasi yang menjalin kerjasama dengan 5 ribu startup di 20 kota Indonesia sejak 2015 silam. Telkomsel pun meluncurkan program inkubasi untuk internet of things (IoT)  membantu market dan teknis produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *