GM Witel Telkom PalangkarayaNewsPalangkaraya –

PT Telkom Tbk menggelar jaringan fiber optic di seluruh kota/kabupaten Kalimantan Tengah. Sebanyak enam kabupaten diantaranya sudah memenuhi persyaratan Indonesia Digital Network seperti dikampanyekan Telkom.

“Target kami pada 2015 mendatang seluruh kabupaten sudah bermigrasi memanfaatkan sistim jaringan fiber optic. Khusus di Kalteng diprediksi sudah terealisasi pada tahun 2014 ini,” kata Manager Umum Witel Telkom Palangkaraya Kalteng, Arif Nurjayanto, Kamis (9/1).

Arif mengatakan teknologi fiber optic menggantikan sistim jaringan tembaga yang dulunya lazim dipergunakan Telkom. Selain lebih murah, katanya teknologi fiber optic juga memiliki keunggulan pengiriman data broadband, handal dan tahan lama dibandingkan sistim tembaga.

“Fiber optic sangat handal dalam pengiriman data, suara dan gambar bergerak,” paparnya.

Hingga saat ini masih terdapat empat kota di Kalteng yang belum bermigrasi memanfaatkan teknologi fiber optic yaitu Lamandu, Sukamara, Gunung Mas dan Seruyan. Permasalahan jarak serta medan yang terjal menjadi kendala tersendiri dalam pemasangan teknologi fiber optic.

“Harus menggelar fiber optic di sejauh 400 kilometer interkoneksi antara masing masing kota tersebut. Permasalahan medan yang jadi kendala, namun pelaksanaan di Sukamara sudah dalam progress. Sisanya sedang kami usulkan,” paparnya.

Pertumbuhan ekonomi 7,2 persen di kalteng, teknologi berkembang terus, tidak bicara masalah investasi, masing masing titik berbeda beda. Tidak bisa menyamapikan masalah finance, sebagai perush public harus selesai audit dahulu.  8 orang per kilometer.

Arif menyatakan menjadi tanggung jawab social bagi Telkom dalam penguatan sarana infrastuktur di Kalteng. Selain itu, menurutnya Kalteng memiliki prospektif di masa mendatang lewat pertumbuhan ekonomi mencapai 7,2 persen per tahunnya.

“Pertumbuhan paling tinggi di Kalimantan dibandingkan provinsi lainnya,” tuturnya.

Terdapat sedikitnya 400 perusahaan pertambagan dan 100 perkebunan sawit yang membuka usaha di Kalteng. Keberadaan sejumlah perusahaan swasta ini tentunya membutuhkan support jaringan data yang memadai.

Telkom mengadakan press tour ke sejumlah titik terluar jaringan data Telkom di Kalimantan. Tour ini dibawahi langsung Manager Communication Telkom Regional Kalimantan, Noercahyo Setiabudi bersama jurnalis cetak di Balikpapan.