Langka, Elpiji Balikpapan Dijual Luar Kota
12 June 2015
Ramadan, Harga Makanan Balikpapan Menggeliat
21 June 2015

Suksesi Pilkada, Ada Relawan Demokrasi di Balikpapan

Pemilu LegeslatifNewsBalikpapan –

Komisi Pemilihan Umum Daerah Balikpapan Kalimantan Timur membentuk relawan demokrasi demi suksesi pemilukada pada Desember nanti. Kota Balikpapan menargetkan antusiasme pemilih sebanyak 80 persen dari total daftar pemilih tetap sebanyak 600 ribu jiwa.

“Kami bentuk relawan demokrasi di Balikpapan,” kata Komisioner KPUD Balikpapan, Sunawiyanto, Rabu (10/6).

Sunawiyanto mengatakan antusiasme masyarakat Balikpapan makin membaik setiap periodenya. Pilkada Balikpapan 2011 silam hanya 56 persen, pilgub 2013 62 persen, pileg 2014 62 persen dan pilpres 2014 68 persen.

Adapun relawan demokrasi terdiri unsur masyarakat yang mewakili kaum pelajar, wanita, disabilitas hingga mereka yang tinggal diwilayah perbatasan. Mereka akan mensosialisasikan Pilwakot.

“Relawan Demokrasi itu sebenarnya bagian dari program sosialisasi. Jadi dia bukan penyelenggara pemilu, tapi kepanjangan tangan kami agar proses sosialisasi itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya Relawan Demokrasi akan meringankan tugas KPU untuk mensosialisasikan dan mengajak warga memilih. Termasuk tidak ada keluhan dari masyarakat, menyangkut cara memilih.

Para Relawan Demokrasi  yang berjumlah 36 orang tersebut, akan bertugas mulai pertengahan Juni hingga enam bulan kedepan. Mereka tetap akan mendapat honor masing masing Rp 500 ribu dan untuk transportasi Rp 200 ribu.

4 Comments

  1. […] Partai Demokrat Kalimantan Timur mengancam memecat Heru Bambang dalam posisinya selaku Ketua DPC Demokrat Balikpapan. Ancaman ini […]

  2. […] Pemilihan Umum Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan ada empat pasangan yang mendaftar pada pemilihan kepala daerah mendatang. Para bakal […]

  3. […] mengatakan ada dua pasangan yang memilih jalur perseorangan yakni Abdul Hakim – Wahidah dan Achdian Noor – Abriantinus. […]

  4. […] halnya pasangan kedua yakni Abdul Hakim – Wahidah juga mengaku harus menguras kantong pribadinya guna mengikuti pilkada Balikpapan ini. Meskipun […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *