Balikpapan Jadi Kota Ramah Lansia
8 January 2014
Magrib Mengaji di Balikpapan
9 January 2014

Stadion Balikpapan Rampung 2015

persibaNewsBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan realiasasi pembangunan stadion mencapai 45 persen.Stadion ini nantinya menjadi kandang tim Persiba Balikpapan yang berkompetisi di Liga Super Indonesia.

“Bila lancar akan selesai di tahun 2015 nanti,” kata Asisten 2 Pemkot Balikpapan, Sri Sutantinah, Selasa (7/1).

Suntantinah mengatakan tim sedang mengupayakan pembebasan lahan stadion. Progress pembangunan stadion tahap II sudah mencapai 80 persen. Diperkirakan tahap kedua yakni pembangunan struktur bangunan hingga lantai III selesai pada akhir Maret 2014 ini.

Akibat belum tuntasnya pembebasan lahan, pembangunan stadion tahap II ungkap Sutantin sudah dua kali mengalami perubahan pelaksanaan  kontrak (CCO).

Pada tahap II pembangunan seharusnya kontraktor mengerjakan tribun, lapangan hijau, lapangan pemanasan, parkir dan akses jalan masuk namun dirubah pengerjaan ke penyelesaian struktur bangunan hingga lantai III karena persoalan lahan.

Pihak pemilik lahan sudah mengijinkan penggunaan lahan di atas areal milik warga yang saat ini masih dalam proses negoisasi.  Saat ini luasan lahan stadion yang tengah digarap seluas16,7 hektar namun dari jumlah itu masih ada 8,7 hektar yang masih proses penyelesaian pembebasan lahan.

Pembangunan stadion yang perencanaan dimulai sejak 2009 lalu, pada tahap pertama yakni Rp 1 tribun dan pagar keliling stadion anggaran mencapai Rp 74 miliar. Pada tahap II anggaran mencapai Rp 423 miliar. keseluruhan biaya mencapai Rp 1,1 triliun.

Secara keselurahan, tanah di stadion dan sekitar stadion yang belum tuntas masih dimiliki warga berjumlah 200 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *