Di babak kedua, SFC semakin agresif dan tidak memberi celah kepada tim lawan dalam mengembangkan permainannya. Baru enam menit babak kedua berjalan, SFC nyaris saja menambah gol lewat Keith Kayamba Gumbs memanfaatkan umpan Hilton Moreira.

Hilton yang berhasil melakukan solo run dengan jeli memberikan umpan kepada Kayamba yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan Kayamba berhasil mengecoh penjaga gawang Persiba, I Made Wirawan.

Unggul 3-1 membuat pemain SFC bermain lebih lepas. Rotasi yang dilakukan oleh pelatih Kashartadi juga berjalan sesuai rencana. Beberapa kali SFC berhasil mengancam pertahanan Persiba.

Persiba berusaha meredam serangan SFC dengan memasukkan Richard Caceres menggantikan Matsunaga Shohei. Namun kehadiran mantan pemain Persija itu tidak banyak membantu tim tamu, Persiba.

Pada menit -56, kemelut kembali terjadi di mulut gawang Persiba. Berawal dari blunder yang dilakukan I Made Wirawan saat menghalau bola berhasil disambut Kayamba lewat tendangan keras. Sayang, bola masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-78, SFC kembali memperlebar jarak melalui Ahmad Jufrianto memanfaatkan bola muntah sepakan M Ridwan. SFC melengkapi kemenangannya menjadi 5-1 lewat gol yang dicetak pemain pengganti Siswanto pada menit ke-84. Skor ini bertahan hingga pluit panjang dibunyikan.

Dengan kemenangan ini, SFC semakin kokoh di puncak klasemen dengan torehan 19 poin dari 8 laga. Di belakangnya menyusul Persipura Jayapura dengan torehan 16 poin dari 7 pertandingan. (vnc)

Susunan Pemain

Sriwijaya FC:
Ferry Rotinsulu (GK), Supardi (Siswanto), Therry Gathusi, Ahmad Jufrianto, Mahyadi Panggabean, Lim Joo Sik, Ponaryo Astaman (Samsul Bahri), Firman Utina, M Ridwan, Hilton Moreira, Kayamba Gumbs
Pelatih: Kashartadi

Persiba Balikpapan:
I Made Wirawan (GK), Iqbal Samad, Tomislav Labudovic, Rahmad Latief, Dwi Joko, Saiful Lewenusa, Ahmad Sembiring, Asri Akbar, Aldo Bareto (c), Shohei Matsunaga (Ricard Caseres), Kenji Adachihara
Pelatih: Haryadi