Pasar Kebun Sayur LudesNewsBalikpapan –

Sebanyak 135 kios Pasar Kebun Sayur Balikpapan Kalimantan Timur ludes terbakar si jago merah, Selasa (6/1/2015) pukul 05.30 Wita. Pasar Kebun Sayur sudah terkenal sebagai ikon wisata Balikpapan yang memperjual belikan souvenir khas Kalimantan.

Kebakaran ini telah menjadikan arang sebanyak 6 blok area kios Pasar Kebun Sayur yang berada di wilayah Balikpapan Barat. Kios yang terbakar memperdagangkan souvenir, batu batu berharga, baju dan salon dengan nilai total kerugian ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah.

Kantor Pemadam Kebakaran Balikpapan menerjunkan sebanyak 14 branwir daerah serta sejumlah branwir bantuan perusahan minyak dan gas setempat. Puluhan personil pemadam Balikpapan ini akhirnya mampu menjinakan kobaran api Pasar Kebun Sayur pada pukul 08.00 Wita.

Pasar Kebun Sayur menjadi ikon cikal bakal berdirinya Kota Balikpapan pada masa 1950 silam. Pasar ini terdapat sebanyak 343 kios yang memperdagangkan berbagai souvenir Kalimantan dan sempat terbakar pada tahun 1974, 1984, 2003 dan terakhir 2008 lalu.

Pasar ini sebelumnya menjadi pusat perdagangan cindera mata serta aksesoris asli Kalimantan. Para pelancong wisatawan manca negara dan domestic senantiasa menyempatkan diri berbelanja di Pasar Kebun Sayur Balikpapan.

Semua kerajinan lokal ada disini dari beragam jenis batu berharga seperti akik, kecubung, safir, intan hingga kain tenunan kain wangi sarung Samarinda. Banyak corak dan warna ditawarkan seperti hitam, biru, hijau dan merah berkisar puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah.