Menurut Awang, data penanaman pohon sebanyak 22,6 juta dapat dipertangung jawabkan karena tercatat dan terdokumentasi dengan baik. Penanaman pohon dilakukan di sejumlah titik di Kaltim diantaranya, di kawasan delta Mahakam, bukit Soeharto, taman nasional kutai (TNK).

Penanaman pohon ini kata Awang diharapkan dapat menambah tutupan lahan yang nantinya bisa mencegah banjir, tanah longsor. Selain itu juga dapat menambah biodiversity keragaman hayati di Kaltim.

“Termasuk menyerap karbon dan sebagai dukungan ketahanan pangan dan energy termasuk ketersedian air yang nantinya bermanfaat bagi kesejahtraan masyarakat,” katanya lagi.

Sementara itu, BP Migas dan PT. Total Indonesia mensponsori kelompok masyarakat untuk melakukan penanaman sebanyak 15 ribu bibit batang Mangrove di beberapa Kecamatan di Kabupaten Kutai Kertanegara.

“Nantinya penanaman dilanjutkan oleh tiga kelompok masyarakat. Di kecamatan Anggana sebanyak 600 ribu bibit, di Kecamatan Samboja 200 ribu bibit dan kecamatan Muara Jawa sebanyak 200 ribu batang mangrove,” terang Kepala BLH Kaltim Riza Indra Riyadi.

Mengenai alasan dilakukan penanaman Mangrove di kawasan Delta Mahakam kata Riza karena daerah tersebut mengalami tekanan lingkungan yang tinggi dikarenakan adanya kegiatan didarat dan dilaut.  

“Delta Mahakam memiliki keragaman hayati dan ekosistem yang tinggi namun perlu diselamatan dan dikelola kembali karena daerah itu alam tekanan lingkungan yang tinggi sekali,” ujar Riza.

BLH mencatat penanaman di Delta Mahakam telah dilakukan secara missal hingga saat ini telah tertanam jutaan pohon mangrove. “Sepanjang 2000-2010 terdapat 1,7 juta pohon mangrove yang ditanam dengan luasan 2549 hektar. Tahun 2011 ini terdapat 1,7 pohon seluas 723 hektar,” sambung.

Sementara Executive VP Operatioan dan EKD Manager Total E&P Indonesie Hardy Pramono mengatakan penanaman mangrove di kawasan Delta Mahakam yang juga merupakan pusat operasional Total dimaksudkan sebagai program kepedulian menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan.

Karena itu, Total bersama pemerintah provinsi, kabupaten, dan instansi serta masyarakat ikut bersama melakukan penanaman ini juga sebagai upaya penyadaran dan memberikan pemahaman akan arti penting kelestarain lingkungan yang berkelanjutan.

Sepanjang tahun 2000-2012 ini sedikitanya 9 juta pohon yang telah ditanam di kawasan Delta Mahakam. “ tiap tahun kita upayakan tanam 1 juta pohon,” tandasnya.