Pembangunan Bandara SepingganBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan pasokan semen langka pasca lebaran Idul Fitri kali ini. Sejumlah proyek besar diprediksi akan terancam menyusul pasokannya di wilayah Kaltim.

“Pasokannya terus berkurang,” kata Asisten Bidang Ekonomi Pemkot Balikpapan, Sri Sutantinah, Senin (12/8).

Tantin mengatakan pembangunan terus mengalami peningkatan di sejumlah kota di Kaltim. Lajunya pertumbuhan pembangunan ini berimbas pada peningkatan permintaan akan pasokan semen sebagai bahan bakunya.

“Kebutuhan semen meningkat 3 tahun ini namun tidak berbarengan dengan pasokannya,” ujarnya.

Tantin mencontohkan sejumlah mega proyek seperti pembangunan Bandara Sepinggan, Pelabuhan Peti Kemas, kawasan industry Kariangau, tol Balikpapan – Samarinda hingga PKT V Bontang. Pembangunan Bandara Sepinggan dipastikan juga molor hingga pertengahan 2014 dari jadwal semula pada Oktober 2013.

“Semen di Kaltim diperebutkan, swasta di Balikpapan dan Samarinda meminta pasokan semen jangan hanya untuk bandara saja karena mereka juga punya target. Kuota yang sudah ditetapkan ini diperebutkan banyak proyek,” terangnya.

Padahal kuota tahun 2013 ini sudah bertambah dua kali lipat dari semestinya. Pemerintah daerah sudah meminta tambahan pasokannya dari produsen semen yaitu Semen Gresik, Tonasa dan Bosowa.

“Kuota kita untuk tahun ini ditambah dua kalipat dari tahun lalu, sudah lumayan, tambahan,” paparnya.

Hanya saja kata dia, kendala lain yang dihadapi, semen yang selama ini dibawa ke Kaltim diangkut menggunakan kapal biasa, bukan kapal khusus yang bermuatan besar.

Untuk tahun ini kata Tantin,  secara keseluruhan kebutuhan semen di Kaltim mencapai 1,068 juta ton per tahun atau sekitar 90.000 ton per bulan. Sedangkan kebutuhan untuk Balikpapan berkisar antara 30.000-40.000 ton per tahun.

Dia juga berharap, dibangunnya dua pabrik pengepakan (Packing Plant) di Balikpapan, yakni pabrik Semen Indonesia di Kariangau dan pabrik Semen Bosowa di Somber, pasokan semen untuk Kaltim akan terpenuhi dan tidak mengalami hambatan.