Pisah Sambut Dandim Penajam
27 June 2014
Amankan Arus Mudik, Sopir Bus Tes Urine
1 July 2014

Sembako Balikpapan Masih Stabil

Pasar ramadhanNewsBalikpapan –
Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur meninjau harga harga sembako di sejumlah pasar tradisional pada awal puasa Ramadhan ini. Rombongan wali kota maupun wakil wali kota Balikpapan meninjau langsung Pasar Klandasan maupun Pandansari didampingi SKPD.

“Setelah ini, kami akan panggil distributor. Kami perlu tahu kenapa harga barang ini bisa naik,” kata Wakil Wali Kota Balikpapan, Heru Bambang.

Heru mengatakan secara umum kenaikan harga masih dalam tahap kewajaran. Dia menilai bahwa kondisi bahan pangan di Balikpapan aman jelang Ramadan.
Berdasarkan hasil pantauan di Pasar Pandansari, beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti ikan tongkol, daging ayam, sayuran serta minyak goreng.

Namun, adapula beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga seperti bawang putih dan cabe.

Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan Sri Soetantinah mengatakan konfirmasi dari para distributor diperlukan agar harga di pasaran bisa dikendalikan.

“Karena kami ingin memastikan apa penyebab kenaikannya. Kalau dari produsennya tidak naik, seharusnya harganya tidak naik,” tuturnya,.

Tantin mengakui dengan pasokan yang sebagian besar dari luar daerah, pemerintah perlu memastikan stok barang yang ada di pasaran aman. Selama ini, pasokan barang di Balikpapan berasal dari Surabaya dan Makassar.

Dengan kecukupan pasokan, masyarakat akan lebih tenang dalam berbelanja karena tidak ada lagi kekhawatiran tidak mendapatkan barang.
Dia berharap para pedagang tidak memanfaatkan momen Ramadan sebagai ajang untuk ambil untung yang berlebihan.

“Proporsional saja lah mengambil untungnya. Jangan terlalu berlebihan,” katanya.

Selain itu, kata Sutantinah, pemkerintah sudah mengirimkan surat kepada BUMN bersama Pemkot, instansi lainya untuk menggelar pasar murah agar masyarakat mudah memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Beberapa pihak sudah menyebutkan kesiapannya untuk mendukung pasar murah ini. mungkin kita akan gelar di lebih dari 6 lokasi dimasing-masing kecamatan. Yang penting jarakanya jangn berdekatan,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Kaltim M. Taufik AZ mengatakan pihaknya siap mendukung pasar murah yang akan dilaksanakan Pemkot Balikpapan. Bulog sudah menyiapkan beras dan gula untuk memasok kebutuhan di pasar murah tersebut.

“Kita siap kapan pun itu diminta oleh pemerintah kota,” tambahnya.

1 Comment

  1. […] mengatakan data center XL ini mampu melayani penyimpanan data bagi setidaknya 30 perusahaan dan pemerintah daerah di […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *