Aksi PNSNewsBalikpapan –

Tim Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara Kalimantan Timur menjebloskan Plt Sekretaris Daerah setempat, Abdul Zaman ke ruang sel Rumah Tahanan Balikpapan, Jumat (11/4) siang ini. Kabupaten Penajam memang tidak memiliki rutan maupun lapas tempat penitipan tahanan pelaku kriminal dari kepolisian dan kejaksaan.

“Sudah dimasukan ke sel tahanan di Rutan Balikpapan,” kata sumber News Balikpapan saat dihubungi.

Penahanan tersangka yang buron ini mendapatkan pengawalan ketat dari tim kejaksaan beserta personil kepolisian Balikpapan. Tersangka ini langsung digiring usai mendarat di Bandara Sepinggan Balikpapan dari lokasi penangkapan di Jakarta.

Kepala Humas Kabupaten Penajam Paser Utara, Ady Irawan menyerahkan sepenuhnya proses hukum pada penanganan aparat kejaksaan. Secara pribadi, dia tetap yakin Abdul Zaman  kooperatif menjalani proses hukum kejaksaan.

“Serahkan pada proses hukum saja,” paparnya.

Ady memastikan penahanan Abdul Zaman tidak berdampak negatif terhadap jalannya pemerintahan Kabupaten Penajam. Bupati Penajam, Yusran Aspar sudah menunjuk Plt Sekretaris, Tohar menggantikan Abdul Zaman yang mundur dengan alasan sakit.

“Sudah ada penggantinya saat yang bersangkutan mundur lantaran sakit,” ungkapnya.

Satgas Kejaksaan Agung menangkap Plt Sekda Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Zaman di Taman Rasuna Residence, Kuningan, Jaksel, Kamis (10/4) pukul 21.00 Wib.  Tersangka terkait dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan tanah untuk pembangunan rumah murah di Kelurahan Nipah-Nipah Penajam Paser Utara.

Proyek ini menggunakan kas daerah 2011 senilai Rp. 6,78 miliar dengan kerugian negara sebesar Rp 3,6 miliar.