E-KTPBalikpapan –

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan sebanyak 30 ribu warga setempat belum merekam data e KTP. Mereka ini diduga bekerja di luar kota, manula atau malahan sudah meninggal dunia.

“Kita prediksi masih ada 30 ribu orang dengan berbagai kendala,” kata Kepala Kantor Capil Balikpapan, Chairil Anwar, Senin (15/7).

Chairil mengatakan saat sudah ada sebanyak 359 ribu warga Balikpapan yang melakukan perekaman e KTP atau 91 persen dari total keseluruhannya. Sedangkan e KTP yang dicetak untuk warga Balikpapan sebanyak 347.057 lembar.

“Dari Jumlah itu yang sudah disitribusikan ke masyarakat melalui kecamatan-kecamatan  sebanyak 252.095 KTP atau 72,62 persen,” imbuhnya.

Warga Balikpapan diharapkan segera melakukan perekaman data e KTP hingga akhir tahun 2013 nanti. Pasalnya, Pemkot Balikpapan menetapkan akhir tahun ini adalah batas akhir penggunaan KTP cetakan daerah.

“Menghubungi RT agar kami bisa melakukan perekaman langsung pada mereka di rumahnya,” ujarnya.

Balikpapan masih dalam proses distribusi e KTP ke masing masing kecamatan setempat. Warga diminta bersabar bila hingga kini belum menerima e KTP kiriman dari pusat.