Rhoma Irama di BalikpapanNewsBalikpapan –

Raja dangdut, Rhoma Irama mendeklarasikan berdirinya relawan RIFORRI (Rhoma Irama For Presiden RI) di Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (17/1). RIFORRI nantinya untuk menggalang dukungan Rhoma Irama sehubungan pencalonannya sebagai capres.

“Dukungan dari grass road luar biasa selama ini,” kata pedangdut senior ini usai deklarasi RIFORRI Kaltim di Balikpapan.

Rhoma mengatakan terus mengupayakan berdirinya relawan RIFORRI lainnya di seluruh provinsi di Indonesia. Dia mengaku terpanggil mewakili umat Islam untuk turut mengabdikan hidupnya demi kepentingan bangsa dan Negara.

“Iklim politik saat ini mendesak saya untuk mewakili aspirasi Islam di Indonesia. Sekarang ini pembangunan Indonesia makin jauh dari nilai kemanusiaan,” ujarnya.

Untuk sekian kalinya, Rhoma menegaskan kalangan alim ulama kembali mendesaknya agar turut meramaikan bursa capres yang didominasi kaum nasionalis. Dia mengklaim untuk ketiga kalinya alim ulama Islam memintanya menjadi capres pada pesta demokrasi mendatang.

“Sejak 2004 dan 2009 sudah diminta menjadi capres, saya tolak. Padahal sudah disiapkan dana kampanye lumayan besar. Kali ini saya merasa terpanggil untuk mengabdi,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Rhoma menekankan komitmennya untuk memperjuangkan kebebasan hak asasi manusia di seluruh warga Indonesia. Dia mendendangkan salah satu bait lirik lagunya berjudul ‘Hak Asasi’ sebagai wujud sikap toleransi dalam bermasyarakat.

“Lagu ini ada sejak tahun 1977, sehingga Rhoma selalu mendukung hak asasi manusia yang tidak melanggar Pancasila,” ungkapnya.

Namun demikian, Rhoma menolak permintaan penggemarnya agar mendendangkan salah satu lagu hitnya. Bekas suami siri Anggel Lelga beralasan tidak mampu bernyanyi tanpa diiringi Soneta Band.

“Tidak ada Rhoma Irama tanpa Soneta, demikian pula sebaliknya. Itu sudah terjalin selama 40 tahun ini,” ujarnya.

Rhoma Irama dijadwalkan mendeklarasikan relawan RIFORRI Kaltim di Balikpapan tepat pukul 14.00 Wita. Acara seremoni ini molor hingga pukul 16.30 Wita hanya untuk menunggu kedatangan Rhoma Irama yang berada di hotel.