Rachmad Kardi serahkan kembali KTA Partai Nasdem.

Rachmad Kardi serahkan kembali KTA Partai Nasdem.

Balikpapan –

Ketua Partai Nasional Demokrat Balikpapan Kalimantan Timur, Rachmad Kadri mengundurkan diri dari struktur keanggotaan partai besutan Surya Paloh. Bersama dengan pengusaha media local ini turut mundur adalah 400 anggota Nasdem Balikpapan.

“Sejak hari ini saya mundur dari keanggotaan Partai Nasdem,” kata Rachmad dalam jumpa pers di Balikpapan, Jumat (8/2).

Secara simbolis, Rachmad menyerahkan kembali kartu tanda anggota (KTA) serta seragam Nasdem pada pengurus partai di Balikpapan. Dia juga menyerahkan sebanyak 400 KTA yang merupakan pendukung Rachmad untuk mundur dari keanggotaan Nasdem.

Rachmad mengatakan ada perbedaan visi misi antara dirinya dengan pengurus baru Nasdem pimpinan Surya Paloh. Menurutnya ada perubahan agenda besar yang semangatnya mengusung gerakan perubahan segala aspek kehidupan.

“Saya baru kali ini berpartai politik dan menilai ada sesuatu yang salah dalam diri partai Nasdem. Sehingga setelah menimbang nimbang memutuskan untuk mundur,” ujarnya.

Salah satu jadi penyesalan, kata Rachmad soal kongres yang menasbihkan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem. Dia menilai tata cara pengambilalihan struktur organisasi partai dilakukan dengan kasar tanpa etika politik yang santun.

“Mungkin saya yang terlalu sentimental sehingga tidak terbiasa dengan intrik intrik politik. Contohnya adalah mundurnya Harry Tanoe dari Nasdem juga. Memang saya sudah tidak bisa lagi,” paparnya.

Rachmad mengatakan bukan sesuatu yang mudah mundur dari jabatan partai yang dibangun dari dasar serta membawanya lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan. Pengorbanan materi, tenaga maupun pikiran tercurahkan untuk majunya Nasdem pada pemilu nanti.

“Soal materi sudah tidak terhitung lagi yang sudah dikeluarkan untuk Nasdem,” tegasnya.

Sekretaris Nasdem Balikpapan, Petrus Humsibu mengaku kecewa dengan pengunduran diri Rachmad yang dianggapnya punya peran penting dalam membesarkan partai. Namun dia juga tidak bisa melarang hak politik seseorang yang sudah enggan berorganisasi dalam pengembangan partai.

“Ini hak beliau untuk mundur dari partai, saya juga sedih,” ungkapnya.

Pasca mundurnya Rachmad, Petrus akan kembali memperkuat konsolidasi internal partai sekaligus pemilihan struktur organisasi kepengurusan Nasdem Balikpapan. Dia optimis partainya tidak terlalu terpengaruh dengan mundurnya Rachmad Kadri selaku Ketua DPD Nasdem Balikpapan.