“Saya sangat optimis bisa membawa pulang gelar sekaligus mempertahankannya,” kata petinju berjuluk “The Dragon” itu.

Meski begitu, ia mengaku tetap tampil waspada menghadapi Merdov. Dalam pertarungan yang akan berlangsung 12 ronde itu, Chris John sendiri berjanji akan tampil menyerang sejak awal ronde dan terus menakan lawan.

“Saya akan tampil menekan sejak awal ronde untuk mendapatkan ruang pukul,” ucap suami Anna Maria Megawati itu dan pemegang rekor bertarung 45 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri itu.

Saat menjalani timbang badan Selasa (29/11), petinju asal Banjarnegara itu memiliki berat badan56,8 kilogram, sedangkan berat badan Merdov 57,1 kilogram. “Saya sudah sangat siap untuk menjalani pertandingan,” terangnya.

Senada, pelatih Chris John, Craig Christian menyatakan anak didiknya dalam kondisi mental dan fisik yang baik. “Kondisnya sangat siap menjalani pertarungan, kami yakin mempertahankan gelar. Kami sudah tahu bagaimana mengatasi Merdov,” beber craig.

Petinju terbaik Indonesia itu, terakhir kali mempertahankan gelar saat mengalahkan rekan senegaranya Daud Yordan di Jakarta, 17 April 2011 silam. Chris John yang lahir di Jakarta, 14 September 1979 itu, selama ini udah memainkan 371 ronde.

Sementara Merdov petinju kelahiran Mariupol, Ukraina, 12 April 1976, dalam dua kali pertarungan terakhirnya, seri saat melawan Jose Cheo Rojas asal Venezuela dan menang lawan Rocky Juarez asal Amerika Serikat.

Petinju berjuluk “stas” dengan tinggi badan 169 centimeter itu memiliki rekor bertarung 32 kali menang (24 di antaranya dengan KO) dan tujuh kali kalah (sekali di antaranya dengan KO) sudah bermain sebanyak 247 ronde.

Pertarungan Chris John melawan Merdov bakal dipimpin wasit asal Thailand Pinit Prayadsab, dengan juri Francisco Martinez asal Selandia Baru, Takeo Harada asal Jepang, dan Prommase Chakshuksha asal Thailand.

Selain pertarungan antara Chris John lawan Merdov, petinju Indonesia Daud Yordan juga akan menantang Frankie Archuleta asal Amerika Serikat dalam kejuaraan IBO Asia Pasifik.

Pertarungan antara Chris John lawan Merdov dan Daud Yordan melawan Frankie merupakan partai tambahan. Sedangkan partai utamanya adalah Danny Green asal Australia melawan Krzystof Wlodarczyk asal Polandia di kelas penjelajah. (afp/ny)