Patrice Nzekou 1NewsBalikpapan –
PSSI melakukan investigasi tuduhan pengaturan skor dalam pertandingan kompetisi Liga Super Indonesia. Ada sejumlah tuduhan bahwa pengaturan skor pertandingan di Indonesia kerap terjadi.

“Ada perintah dari FIFA sesuai hasil kongres agar masing masing anggotanya membentuk Departemen Integritas,” kata Chairman Departement Of Intergrity PSSI, Hinca Panjaitan, Senin (20/10/2014).

Hinca mengatakan PSSI telah menjalin kerjasama dengan Sport Radar atau lembaga yang memonitor pertandingan seluruh dunia. Lembaga ini juga memantau pertandingan kompetisi dunia dinaungi UEFA, AFC dan lainnya.
Hinca menambahkan, hasil investigasi akan disampaikan ke PSSI maupun PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi untuk kemudian diberikansanksi sesuai aturan.

Mereka yang terlibat dalam pengaturan skor akan dikenakan sanksi tegas, untuk perorangan terkena sanksi larangan beraktifitas di sepakbola seumur hidup, sedangkan bagii klub akan dibubarkan.

Sebelumnya PSSI telah memberikan sanksi kepada dua klub Bontang FC maupun PSLS Lhokseumawe yang terlibat dalam pengaturan skor dalam kompetisi Indonesia Premier League (IPL).

PSSI pun telah menjatuhkan sanksi tegas, kedua klub tergedradasi ke level kompetisi paling rendah. Sedangkan pemain, pelatih dan managemen juga mendapat sanksi tidak boleh beraktifitas dalam sepakbola.